Sempat Dirusak hingga Didemo Warga, Posko Penyekatan di Suramadu Dihapus
FOTO ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Petugas gabungan TNI/Polri bersama pemerintah meniadakan penyekatan di Jembatan Suramadu mulai hari ini Penyekatan itu difokuskan ke wilayah zona merah di Kabupaten Bangkalan, Madura. 

"Jadi, penyekatan baik dari sisi Surabaya dan Madura di Suramadu ditiadakan. Penyekatannya dipindah ke daerah Bangkalan yang zona merah," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko, Rabu, 23 Juni

Di Bangkalan, lanjut Gatot, terdapat delapan desa/kelurahan di lima kecamatan berstatus zona merah atau resiko tinggi, dengan penyebaran COVID-19 tertinggi. 

Yaitu Kelurahan Kraton, Pejagan, Bancaran, masing-masing berada di Kecamatan Bangkalan. Kemudian Desa Arosbaya dan Desa Tengket (Kec. Arosbaya), Desa Moarah (Kec. Klampis), Desa Kombangan (Kec. Geger) dan Kelurahan Tunjung (Kec. Burneh).

"Di daerah itu kemudian diterapkan PPKM mikro secara ketat," katanya.

Dengan ditiadakannya penyekatan di Suramadu, lanjut Gatot, pemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) juga ditiadakan. Sehingga kebijakan tersebut akan dilakukan di penyekatan pada delapan zona merah, dan beberapa wilayah di Madura. 

"Di Suramadu nggak ada pemeriksaan SIKM lagi, digeser ke penyekatan daerah zona merah di Bangkalan. Sehingga nantinya pemeriksaan SIKM dilakukan di sana, ada beberapa pos penyekatan di Sampang, Bangkalan yang di sana akan diminta SIKM-nya," ujarnya. 

BACA JUGA:


- https://voi.id/berita/61361/sanksi-berlapis-briptu-ii-pemerkosa-remaja-16-tahun-jadi-tersangka-hingga-terancam-dipecat

- https://voi.id/berita/61346/aturan-baru-ppkm-mikro-dki-bar-minuman-beralkohol-wajib-tutup-i-live-music-i-dilarang

- https://voi.id/berita/61295/bareskrim-temukan-dua-tindak-pidana-lain-adelin-lis-saat-buron-di-singapura

- https://voi.id/berita/61324/kasus-covid-19-anak-anak-meningkat-kemenkes-akibat-perilaku-orang-tuanya

[/see_also

Dicabutnya pos penyekatan di Jembatan Suramadu ini, lanjut Gatot, berdasarkan hasil analisa dan evaluasi. Gatot mengklaim ada penurunan kasus dari warga yang diswab di penyekatan Suramadu.

"Penyekatan di Suramadu kan sudah 14 hari, dan kita analisa terus sudah ada penurunan masyarakat yang positif COVID-19, makanya kita bergesernya ke delapan desa di lima kecamatan tersebut," katanya.

Dari seluruh upaya ini, Gatot berharap penyebaran COVID-19 di delapan desa berzona merah yang ada di lima kecamatan Bangkalan bisa segera diatasi. 

"Harapan ke depannya delapan zona merah ini bisa menjadi zona oranye, kuning, bahkan bisa hijau," kata Gatot.