185 Balita di Bangka Positif COVID-19
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 185 balita di daerah itu terkonfirmasi COVID-19, akibat kontak erat dengan orang tuanya atau orang lain yang terpapar virus corona.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan, 185 balita yang terpapar COVID-19 itu berasal dari sejumlah wilayah kecamatan dan sudah mendapatkan pelayanan kesehatan oleh tim medis.

Dia mengatakan ratusan balita yang diketahui terpapar COVID-19 sebagaian besar kontak erat dengan orang tuanya yang terlebih dulu terinfeksi COVID-19.

"Selain adanya balita yang positif COVID-19, terdapat pula 19 bayi mengalami hal serupa disebabkan kontak erat," katanya di Sungailiat, dilansir Antara, Jumat, 11 Juni.

Boy Yandra menyarankan orang yang terpapar COVID-19 untuk sementara jangan bergabung dengan anggota keluarganya terutama kontak langsung dengan anak balita atau bayinya.

Data informasi perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka sampai saat ini terdata total kasus mencapai 4.261 orang, 3.930 orang sudah sembuh, 5.769 orang diketahui kontak erat dengan pasien COVID-19 serta 73 pasien COVID-19 dinyatakan meninggal dunia.

"Sedangkan pasien COVID-19 yang masih menjalani proses pemulihan kesehatan baik di rumah sakit maupun di balai isolasi sebanyak 258 orang," katanya.

Dia mengingatkan seluruh lapisan masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar angka kasus sebaran COVID-19 dapat ditekan seminimal mungkin dan wilayah Kabupaten Bangka kembali ke zona aman.