Begini Rencana Penutupan Lalu Lintas di Sekitar Demo Buruh Patung Kuda
Demo Buruh 2021 (Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah buruh menggelar aksi unjuk rasa untuk memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day pada hari ini. Di Jakarta, aksi terpusat di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan sekitaran Monimen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

"May Day hari ini, ada beberapa elemen buruh yang akan hadir. Mereka melaksanakan kegiatannya terpusat di bundaran Patung Kuda dan Monas ini," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di lokasi, Sabtu, 1 Mei.

Sambodo menyebut pihaknya berencana melakukan penutupan jalan, namun rekayasa lalu lintas ini sifatnya situasional. Penutupan akan dilakukan jika massa memadati Bundaran Patung Kuda.

"Seandainya bundaran patung kuda tertutup massa, maka penyekatan akan dimulai dari Jalan Kebon Sirih, kiri maupun kanan, kita arahkan ke Tanah Abang. Gambir depan Pertamina arah Istana Negara juga kita tutup," ungkap dia.

Pada pagi hari, aksi dimulai dengan kelompok buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Kemudian, Gerakan Buruh bersama Rakyat (Gebrak) juga akan turun ke jalan. Mereka terdiri dari serikat buruh, organisasi pelajar-pemuda-mahasiswa, petani, perempuan, dan organisasi masyarakat sipil.

"Elemen pertama dari KSPI maupun KSPSI turun sampai jam 1 siang dari KSPI maupun KSPSI. Kemudian nanti kita ganti dengan elemen berikutnya dari Gebrak yang mungkin sekitar jam 2 siang sampai menjelang buka puasa nanti," ujar Sambodo.

Meski aksi May Day di Jakarta terpusat di Patung Kuda, Sambodo menyebut ada aksi lainnya di depan Kementerian Ketenagakerjaan, BUMN, hingga pabrik masing-masing.

Sambodo menyebut jumlah personel yang diturunkan untuk mengawal aksi May Day sekitar 6.300 aparat, sementara personel lalu lintas mencapai 300 orang.

Ia menuturkan pihak kepolisian dibantu aparat TNI dan Satpol PP DKI dalam pengamanan agar aksi unjuk rasa berjalan tertib dan sesuai protokol kesehatan.

"Itu sebabnya di titik kumpul ada posko kemanusiaan untuk swab antigen secara gratis kepada teman buruh yang akan melaksakan aksinya hari ini. Kemudian nanti diarahkan mereka tetap jaga jarak dan menggunakan masker," pungkasnya.