UNESCO Resmikan Pulau Belitong Menjadi Global Goepark; Kaya Keanekaragaman Hayati
Pulau Belitong Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Global Geopark (Foto dari Antara)

Bagikan:

Pulau Belitong di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kini menorehkan sejarah baru bagi dunia pariwisata . United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) meresmikan pulau yang mendapat julukan Negeri Laskar Pelangi tersebut menjadi Global Geopark.

“ Alhamdulillah , UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-211 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris menetapkan Belitong sebagai Global Geopark,” tutur Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Kepulauan Babel, di Pangkalpinang, Senin, 19 April.

Kekayaan geologis di Pulau Belitung dan kepulauan di sekitarnya telah diakui oleh UNESCO. Keberagaman alam tersebut berupa, mineral, bebatuan, proses geologi dan tektonik, serta evolusi bumi di Pulau tersebut.

Geopark Belitung Punya Daya Tawar Yang Menarik

Keterkaitan antara aspek budaya, geologis, dan budaya tersebut membuktikan bahwa Geopark Belitong memiliki daya tawar yang menarik. Terdapat banyak flora dan fauna yang mendiami Fauna khas yang cukup terkenal, seperti Ikan Hampala dan Ikan Toman.

"Keanekaragaman hayati tersebut digunakan masyarakat Belitung di mana terdapat tanaman herbal. Alasan kenapa Geopark Belitong yang diperoleh nilai tertinggi di antara sejarah pengajuan geopark nasional ke UNESCO Global Geopark, yaitu 850 dari 1000 poin tertinggi," terangnya.

Geopark Nasional Indonesia Ke-6

Menurut dia, penetapan Pulau Belitung sebagai UNESCO Global Geopark, merupakan upaya bersama dari berbagai pemangku kepentingan baik pemerintah pusat dan daerah maupun akademisi, pemuda dan masyarakat lokal, khususnya dalam menyusun dokumen nominasi yang menggambarkan nilai-nilai universal, rencana pengelolaan, visibilitas dan jejaring kerja sama geopark Belitong.

"Geopark Belitong, merupakan geopark nasional Indonesia ke-6 yang masuk ke dalam daftar UNESCO Global Geopark," katanya.

Seremoni Geopark Belitung Bisa Ditonton Secara Live Streaming

Sebelumnya Indonesia telah berhasil menempatkan Kaldera Toba , Batur, Ciletuh, Gunung Sewu, dan Gunung Rinjani. Indonesia juga memiliki banyak kekayaan alam dan budaya yang masuk ke dalam daftar UNESCO, antara lain 9 situs warisan budaya dan alam dan 18 cagar biosfer.

Ia menyatakan seremonial Geopark Belitong resmi sebagai anggota baru UNESCO Global Geopark dapat disaksikan seluruh masyarakat secara  live streaming  dari Paris, Perancis atau melalui channel youtube GGN Association.

"Bersama-sama, mari kita menjadi saksi sejarah peresmiannya pada 22 April 2021," kata Gubernur Erzaldi.

 Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .