Stok Daging Ayam di Babel 459,2 Ton dengan Harga Normal
Ilustrasi penjual daging ayam di pasar/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan stok daging ayam ras di Kepulauan Babel sebanyak 459,2 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

"Kami pastikan stok daging ayam cukup dan harga stabil," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB, Antara, Minggu 21 April.

Ia mengatakan sebanyak 459,2 ton daging ayam ras tersebut tersebar di lima distributor Pulau Bangka dan Belitung.

"Dalam minggu ini akan ada penambahan 50 ton daging ayam ras ini untuk memperkuat stok daging ayam tersebut," katanya.

Ia menyatakan saat ini harga daging ayam ras di Pasar Pembangunan Pangkalpinang masih bertahan normal Rp32.000 per kilogram dan daging ayam kampung Rp65.000 per kilogram.

Sementara itu harga telur ayam ras juga masih bertahan Rp32.000 per kilogram dan telur ayam kampung Rp75.000 per kilogram.

"Hari ini red-Minggu permintaan daging ayam meningkatkan dibandingkan hari sebelumnya, namun tidak mempengaruhi harga karena stok cukup banyak," katanya.

Menurut dia, untuk memenuhi kebutuhan daging ayam masyarakat, para distributor masih mengandalkan pasokan dari luar daerah, karena produksi peternak ayam pedaging lokal masih terbatas.

"Saat ini pemerintah provinsi terus mendorong masyarakat untuk mengembangkan usaha peternakan ayam pedaging dan petelur ini, guna mengurangi ketergantungan pasokan komoditas dari luar daerah," katanya.