Tips Mudik Lebaran: Persiapan yang Harus Dilakukan agar Perjalanan Tenang dan Nyaman
(Kiri) Manager Komunikasi dan TJSL, Pandu Prastyani bersama (Kanan) General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta, Lasiran dalam kegiatan talkshow Press briefing_ kesiapan listrik jelang Idulfitri dan buka bersama media (3 April). (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Momen mudik Lebaran selalu dinanti-nantikan sebagai waktu berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Namun, sebelum memulai perjalanan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan rumah selama ditinggalkan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta, Lasiran, membagikan beberapa tips mudik Lebaran agar perjalanan Anda berlangsung tenang dan nyaman.

"Pertama-tama, sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk membayar tagihan listrik terlebih dahulu agar mudik lebih tenang. Bagi pelanggan dengan sistem prabayar, jangan lupa untuk mengisi token listrik. Hal ini memastikan bahwa meskipun rumah ditinggalkan, penerangan dari lampu tetap menyala, mengurangi risiko kejadian yang tidak diinginkan," ungkap Lasiran dalam keterangan tertulis yang diterima VOI.id pada Kamis, 4 April.

Kedua, pastikan untuk mencabut semua peralatan listrik yang tidak digunakan. Peralatan elektronik yang tetap tercolok memiliki potensi kerusakan, terutama saat terjadi sambaran petir ke rumah dan instalasi grounding rumah tidak dalam kondisi baik. Nyalakan hanya peralatan listrik yang benar-benar digunakan, seperti lampu teras.

Ketiga, pastikan bahwa listrik yang tersambung adalah listrik resmi dan menggunakan kWh meter sesuai dengan daya langganan dan peruntukan rumah.

"Selanjutnya, Anda juga dapat menitipkan rumah kepada satpam atau tetangga yang dekat. Langkah ini memastikan bahwa jika terjadi keadaan darurat, penanganannya dapat lebih cepat dan dampaknya dapat diminimalkan," tambah Lasiran.

Terakhir, manfaatkan aplikasi PLN Mobile untuk berbagai kebutuhan kelistrikan, mulai dari pembayaran tagihan, pembelian token, hingga pelaporan atau pengaduan. Semua hal ini dapat dilakukan secara online, bahkan dari kampung halaman.

Lasiran menambahkan bahwa PLN UID Jakarta Raya telah menyiapkan 1.684 personel dan peralatan siaga 24 jam yang tersebar di 17 posko siaga kelistrikan Idulfitri, siap melayani kebutuhan masyarakat selama masa mudik Lebaran.

"Jika terjadi gangguan listrik, masyarakat dapat langsung melaporkannya melalui aplikasi PLN Mobile. Petugas kami akan segera datang dan menyelesaikan segala keluhan pelanggan," tutup Lasiran.

Dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan perjalanan mudik Lebaran Anda akan berlangsung dengan aman dan nyaman, tanpa perlu khawatir akan keadaan rumah yang ditinggalkan.