Cara Daftar Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub, Dibuka 13 Maret
Ilustrasi mudik gratis kapal laut (foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Momen mudik lebaran sangat dinantikan oleh para perantau antar pulau. Pemudik bisa memanfaatkan layanan mudik gratis jalur laut yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pendaftaran mudik gratis ini dibuka mulai 13 Maret hingga 7 April 2024. 

Mudik gratis jalur laut ini digelar oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam rangka menyukseskan mudik lebaran 2024. Layanan mudik gratis ini juga menyediakan pengangkutan gratis untuk sepeda motor milik peserta. Kemenhub membuka kuota untuk sebanyak 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor. 

Peserta bisa mengikuti mudik gratis sepeda motor melalui kapal laut bagi yang ingin pulang ke kampung halaman. Lantas bagaimana cara daftar mudik gratis kapal laut Kemenhub dan kapan jadwalnya?

Jadwal Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub

Penyelenggaraan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini dijadwalkan pada tanggal 3-17 April 2024. Jadi bagi calon pemudik yang ingin melakukan perjalanan pulang kampung pada tanggal tersebut, maka bisa memanfaatkan layanan mudik gratis jalur laut. 

Verifikasi calon peserta mudik gratis ini dimulai dari 15 Maret 2024. Layanan untuk verifikasi dapat diakses setiap hari pukul 09.00-16.00 termasuk di hari libur dan tanggal merah. Kemenhub juga menyediakan verifikasi langsung di tempat atau offline, yakni di Kantor Kementerian Perhubungan RI dan Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok. 

Untuk verifikasi peserta mudik gratis pada waktu arus balik, dapat dilakukan mulai 22 Maret 2024. Layanan verifikasi ini juga disediakan setiap hari termasuk hari libur dan tanggal merah. Jadwal verifikasi arus balik ini berlaku khususnya untuk peserta tujuan Semarang ke Jakarta yang berdomisili di kota ini dan sekitarnya. 

Peserta mudik gratis di wilayah ini juga bisa melakukan verifikasi langsung di tempat atau offline. Verifikasi arus balik dapat dilakukan di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jalan Yos Sudarso, Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara. 

Dengan mengikuti mudik gratis dari Kemenhub, para pemudik bisa menghemat ongkos pulang kampung. Selain itu, para pemudik juga bisa membawa sepeda motornya secara gratis untuk diangkut pulang sekalian. 

Cara Daftar Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub

Hingga saat ini Ditjen Perhubungan Laut belum mengumumkan detail mengenai syarat dan cara pendaftaran mudik gratis dengan kapal laut. Namun jika melihat dari pelaksanaan mudik gratis Kemenhub tahun lalu, pendaftarannya kemungkinkan bisa dilakukan melalui website https://mudikgratis.dephub.go.id/.

Dalam laman website tersebut juga dicantumkan beberapa syarat mudik gratis dengan kapal laut. Berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta mudik gratis Kemenhub:

  • Setiap peserta harus membawa kartu identitas, seperti KTP, Kartu Keluarga, SIM C, dan STNK. 
  • Peserta tidak diperbolehkan membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang bisa mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor. 
  • Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.

Mengingat pendaftaran mudik gratis jalur laut ini sudah dibuka, bagi Anda yang ingin menjadi peserta mudik maka sebaiknya mencari tahu lebih lanjut. Anda bisa menghubungi atau mendatangi kantor petugas Perhubungan Laut untuk menanyakan informasi pendaftaran maupun syarat mudik gratis dengan kapal laut.  

Demikianlah informasi mengenai mudik gratis kapal laut Kemenhub dan cara pendaftarannya. Program mudik gratis ini sangat membantu para perantau yang melakukan perjalanan laut untuk pulang kampung. Baca juga cara daftar mudik gratis Kemenhub jalur darat dan kereta api.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.