Jelang Ramadan, Pemkab OKU Adakan Bakti Sosial termasuk Gelar Pasar Murah
(Foto: Antara/Edo Purmana)

Bagikan:

JAKARTA - Menyambut Ramadan, Pemkab OKU Sumatera Selatan lakukan bakti sosial terhadap warga. Hal itu diwujudkan dengan pasar murah dan pengobatan gratis.

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial dan pasar murah ini menyasar pada masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Peninjauan dan Kedaton Peninjauan Raya (KPR).

"Pemkab OKU memotori gerakan bakti sosial yang fokus pada pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan operasi pasar murah," katanya melansir Antara (10/3/2024).

Untuk pengobatan gratis tersebut, kata dia, mulai dari penyakit ringan seperti pemeriksaan kolesterol, demam dan darah tinggi.

"Bahkan, dalam memberikan pelayanan kesehatan Pemkab OKU telah meluncurkan program berobat pakai KTP bagi masyarakat kurang mampu sejak tahun 2023," katanya.

Sementara untuk pasar murah sendiri, pihaknya menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, dan tepung terigu.

Bahan kebutuhan pokok ini dikemas dalam paket sembako yang dijual dengan harga terjangkau atau lebih murah dari pasaran.

Dalam operasi ini pemerintah daerah memberikan subsidi sebesar Rp10.000 per paket guna meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini.

"Untuk harga beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) kemasan 5 kilogram dan 1 liter minyak goreng hanya dijual seharga Rp60.000/paket," ujarnya.