5 Kuliner Jalanan Khas Korea yang Sering Bintangi Drakor
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Korea Selatan memang tidak pernah berhenti dalam menyebarkan kebudayaannya di penjuru dunia termasuk dalam dunia kuliner. Tidak jarang makanan yang disantap oleh para aktor dan aktris dalam sebuah drakor menggugah selera para penontonnya.

Terlebih lagi Korea Selatan masih termasuk wilayah Asia yang memiliki beragam bumbu dapur dan bahan makanan yang nikmat. Alhasil, penonton pun penasaran dengan rasanya dan ingin mencobanya. Apakah Anda adalah salah satu dari penonton tersebut juga?

Jika Anda adalah salah satunya, berikut ini ada 5 kuliner jalanan khas Korea yang sering ‘bintangi’ atau muncul di drakor. Penasaran? Mari simak informasi lebih lengkapnya pada penjelasan di bawah ini

Kuliner Jalanan Khas Korea yang Sering Bintangi Drakor

Berikut adalah beberapa kuliner yang sering muncul di drakor dan populer di kalangan masyarakat:

1. Tteokbokki

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, kan? Ya, tteokbokki selalu menjadi makanan andalan di drakor. Makanan yang terbuat dari tepung beras dan bertekstur kenyal ini selalu dijadikan panganan sampingan atau snack. Ciri khas dari tteokbokki ini adalah disajikan dengan kuah kental pedas yang sangat menggugah selera.

Para aktor di drakor biasanya mengonsumsi tteokbokki saat perasaan mereka sedang tidak baik, sedang mengalami banyak pikiran atau stress, dan ingin meningkatkan mood. Sensasi pedas dan manis dari bumbu gochujang khas Korea ini memang mampu melepaskan dopamin pada otak yang membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Tteokbokki juga sering disantap bersama dengan makanan lainnya, seperti mie instan, dumpling, tambahan sayuran, dan bahan lainnya disesuaikan dengan selera. Tertarik ingin mencobanya? Jangan lupa mengonsumsinya selagi hangat agar lebih nikmat, ya!

2. Kimbab

Pernah melihat bekal makanan siswa Korea di drakor membawa kimbab? Atau pekerja yang memakan kimbab di jalan? Ya, kimbab menjadi salah satu kuliner jalanan khas Korea yang mudah dibawa dan dikonsumsi di mana pun.

Jika dilihat sekilas, kimbab memang terlihat mirip dengan sushi yang merupakan makanan khas Negara Sakura, Jepang. Namun, yang membedakan antara kedua makanan tersebut adalah isiannya.

Isi kimbab tidak hanya terbatas pada olahan ikan saja. Akan tetapi, kimbab menyajikan lebih banyak isian, seperti sayur-sayuran, kimchi, telur, daging ikan, daging kepiting, dan lain sebagainya disesuaikan selera.

Selain itu, yang menjadi ciri khas kimbab adalah pembungkus alumunium foil yang melindunginya. Biasanya, para aktor dalam drakor memakannya dengan membuka pembungkus dan langsung melahapnya. Namun, ada juga yang dimasukkan ke dalam kotak bekal dan disusun sesuai keinginan.

3. Pajeon

Kuliner jalanan khas Korea yang berikutnya ini sangat cocok untuk camilan untuk menemani perjalanan atau menikmati waktu santai di rumah. Makanan yang dikenal dengan nama Pajeon terbuat dari campuran tepung terigu, telur, tepung beras, daun bawang, dan bahan pendukung lainnya disesuaikan dengan selera.

Secara sekilas, kuliner yang satu ini berbentuk seperti pancake atau lebih mirip dengan okonomiyaki dari negara Jepang. Jika dipotong-potong menjadi beberapa bagian, pajeon sekilas mirip dengan bakwan khas Indonesia, loh!

Memiliki tekstur garing dan renyah, pajeon sangat tepat dikonsumsi di kala hujan atau musim dingin. Agar semakin nikmat, pajeon biasanya ditemani dengan cuka dan kecap asin agar cita rasa yang keluar semakin kuat.

4. Bingsoo

Di tengah-tengah teriknya matahari memang paling nikmat mengonsumsi olahan es seperti bingsoo. Pada dasarnya, bingsoo merupakan es serut yang diberi berbagai macam topping, seperti sirup, buah-buahan, cokelat, jeli, dan berbagai olahan lainnya.

Namun, bukan seperti es serut biasa yang dijual di pinggir jalan. Bingsoo memiliki tekstur es yang lebih halus dan manis. Itulah mengapa kuliner jalanan yang satu ini banyak disukai oleh anak-anak bahkan orang dewasa!

5. Hotteok

Jika negara barat punya kuliner khas bernama pancake, Korea juga mempunyai hotteok yang merupakan “pancake khas Korea”. Kuliner berbahan dasar roti yang satu ini akan semakin nikmat dikonsumsi bersama madu, sirup gula merah, hingga kimchi!

Jadi, bagi Anda yang tidak terlalu suka manis, Anda bisa mencobanya dengan varian rasa lain, seperti bihun, kimchi, dan sebagainya.

Nikmati Kuliner Korean Street Food di Lotte Mart Gandaria City

Bagaimana dengan list street food khas Korea di atas? Apakah Anda menjadi tergiur? Sekarang, Anda tidak perlu jauh-jauh lagi harus pergi ke Korea untuk mencoba beberapa kuliner jajanan khas yang sering muncul di drakor, loh!

Pada tahun 2024 ini, salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia, LOTTE MART, menyelenggarakan Grand Re-launch LOTTE Mart Gandaria City. LOTTE MART yang merupakan perusahaan asal Korea ini kini hadir dengan tampilan yang lebih modern dan trendy.

Tidak hanya menyediakan berbagai produk rumah tangga asal Korea Selatan, dengan diadakannya Grand Re-Launching Toko Gandaria City Mall, Anda juga bisa merasakan berbagai kuliner khas Asia! Jadi, bukan hanya kuliner Korea Selatan saja, Anda bisa juga menyantap makanan khas Indonesia, Jepang, hingga Eropa.