7 KK Terdampak Longsor, Pemkab OKU Selatan Sumsel Pinjam Rumah Warga untuk Menampung
7 KK Terdampak Longsor, Pemkab Pemkab OKU Selatan Sumsel Pinjam Rumah Warga untuk Menampung

Bagikan:

SUMSEL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan menyiapkan tempat pengungsian untuk korban terdampak tanah longsor di Kelurahan Batu Belang Jaya, Kecamatan Muaradua.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan Heri Purnomo mengatakan, hujan deras pada Selasa 20 Februari menimbulkan bencana longsor hingga nyaris menimbun rumah warga.

"Ada sebanyak tujuh unit rumah warga di Desa Batu Belang Jaya yang nyaris tertimbun longsoran tanah dari atas bukit," katanya di OKU Selatan, Sumsel, Kamis 22 Februari, disitat Antara.

Dia mengatakan tujuh kepala keluarga itu terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Terkait dengan hal itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perkim OKU Selatan untuk pinjam pakai rumah hunian bagi para pengungsi hingga waktu yang aman.

"Untuk sementara waktu tujuh kepala keluarga ini terpaksa mengungsi di rumah hunian milik pemerintah daerah, karena dikhawatirkan longsor akan semakin parah," katanya.

Sambil menunggu perbaikan, katanya, pihaknya menutup saluran pembuangan air hujan yang mengarah ke jurang, agar longsor tidak semakin parah dan membahayakan masyarakat sekitar.

Heri Purnomo pun kembali mengimbau masyarakat terutama yang bermukim di kawasan perbukitan agar tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terjadi bencana susulan supaya tidak menimbulkan korban jiwa.

"Kami juga terus memantau peringatan dini dari BMKG untuk diteruskan kepada masyarakat agar lebih waspada menghadapi potensi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor," tandasnya.