Jokowi: Manfaatkan KIP dengan Optimal untuk Persiapkan SDM Global
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berdialog dengan salah satu penerima program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam agenda penyerahan bantuan Program Indonesia Pintar di Kabupaten Blora, Jateng

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak orang tua siswa untuk memanfaatkan secara optimal program pembiayaan pendidikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing secara global.

"Kita tahu, persaingan ke depan tidak semakin gampang akan semakin sulit. Yang namanya sumber daya manusia itu menjadi kunci persaingan antarnegara, persaingan antar individu dengan individu, anak-anak kita harus sekolah semuanya," kata Presiden Jokowi saat berpidato dalam agenda Penyerahan Bantuan Program Indonesia Pintar di Kabupaten Blora, Jawa Tengah dilansir ANTARA, Selasa, 23 Januari.

Diikuti dalam jaringan (daring) Sekretariat Presiden di Jakarta, Presiden Jokowi menyebut program KIP yang dialokasikan senilai Rp11 triliun untuk 20 juta siswa SD, SMP, SMA/SMK.

Presiden Jokowi mengatakan KIP bagi pelajar SD diberi bantuan Rp450 ribu per siswa, SMP diberi bantuan anggaran Rp750 ribu per siswa, dan SMA/SMK Rp1,8 juta per siswa setelah mengalami kenaikan anggaran dari sebelumnya Rp1 juta per siswa.

Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan dana Rp12,8 triliun untuk KIP Kuliah yang kini telah diserap untuk membiayai 960 ribu mahasiswa.

Program pendidikan tersebut juga termasuk beasiswa yang diselenggarakan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk keperluan kuliah di dalam negeri maupun luar negeri.

"Sekali lagi, pemerintah sudah menyediakan ini, jadi harus dimanfaatkan sebesar-besarnya," katanya.

Jokowi mengingatkan agar dana KIP dipakai sepenuhnya untuk berbagai hal yang berkaitan dengan kebutuhan sekolah, seperti alat tulis, seragam, hingga buku.

"Untuk beli pulsa boleh ndak? Tidak boleh untuk beli pulsa. Ini diingat semuanya ya," katanya.

Salah satu penerima KIP dari SMK PGRI Blora, Yeni Sujaryani, dalam kesempatan berdialog dengan Presiden mengatakan dirinya mendapat bantuan KIP sejak SD hingga sekarang melalui pendaftaran program tersebut di sekolah.

Bantuan senilai Rp1,8 juta dari pemerintah akan ia manfaatkan untuk kebutuhan membeli peralatan sekolah.

"Buku, tas, seragam sama alat tulis," kata Yeni saat ditanya Presiden terkait peruntukan dana KIP yang ia terima.

Yeni mengatakan ingin langsung bekerja setelah lulus SMK untuk membantu orang tua.