BPBD DKI Sebut Tujuh Wilayah di Jaktim Berpotensi Rawan Longsor
Ilustrasi Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 7 Kecamatan di Jakarta Timur masuk dalam zona yang berpotensi rawan longsor pada Januari 2024. Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, zona yang dimaksud berada di Cakung, Duren Sawit, Jatinegara, Kramat Jati, Matraman, Pasar Rebo, dan Pulogadung.

"Prakiraan wilayah potensi gerakan tanah itu disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah," ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji saat dikonfirmasi, Rabu, 10 Januari.

Berdasarkan data BPBD DKI yang dihimpun dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), beberapa wilayah yang rawan longsor itu berada di zona menengah.

Pada zona itu diperkirakan terjadi gerakan tanah apabila curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan sungai, gawir, tebing jalan, atau jika lereng mengalami gangguan.

"BPBD DKI mengimbau kepada lurah, camat di Jakarta serta masyarakat mengantisipasi potensi longsor saat curah hujan di atas normal," katanya.