Akibat Sistem Drainase Buruk, Ratusan Rumah di Reni Jaya Depok Terendam Banjir
Kondisi banjir di Reni Jaya, perbatasan Pamulang Tangsel dengan Bojongsari Depok/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah rumah warga di Perumahan Reni Jaya yang berada di perbatasan Tangerang Selatan dan Bojong Sari, Depok, terendam banjir hingga setinggi 1 meter akibat buruknya sistem drainase yang ada di perumahan tersebut pada Minggu, 7 Januari.

Terpantau, hingga Minggu sore pukul 15.30 WIB, genangan air masih merendam sejumlah ruas jalan akses perumahan. Warga pun terisolir akibat adanya genangan banjir tersebut.

Menurut Putra, warga setempat, dampak dari genangan banjir itu merugikan masyarakat setempat karena aktivitas warga menjadi terganggu. Selain mengganggu aktivitas warga akibat genangan banjir, warga juga terpaksa mengemasi barang - barang mereka ke tempat yang lebih aman dari air.

Bahkan parkiran kendaraan roda dua dan roda empat milik warga terpaksa harus dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi dan jauh dari genangan banjir. Hal tersebut sebagai antisipasi jika nantinya volume air mendadak naik dan melanda rumah mereka.

"Hari Jumat (kemarin) lebih parah lagi, lebih dari satu meter (kedalaman banjir)," keluh Putra, warga Reni Jaya, Depok.

Putra terpaksa mengevakuasi kendaraannya ke tempat lain. Pun demikian dengan warga lain yang ada di Reni Jaya Lama Utara. Mereka tidak mau mengambil risiko jika nantinya kendaraannya ikut terendam air.

"Minggu 7 Januari, Reni Jaya lama Utara, ketinggian air sudah hampir 1 meter. Sudah lebih dari lutut orang dewasa," ucapnya.

Meski ketinggian air sudah mencapai 1 meter, Putra pun enggan mengungsi. Dirinya hanya mengamankan kendaraan miliknya.

"Warga tidak ada yang mengungsi, hanya kendaraan seperti mobil yang dievakuasi ke dataran yang tinggi," katanya.

Putra menyebutkan, banjir yang melanda kawasan perumahan dirinya akibat dari buruknya sistem drainase yang ada di perumahan Reni Jaya. Sehingga drainase saluran air tidak dapat menampung dan mengalirkan volume debit air.

Terlebih, kawasan itu kerap dilanda hujan dengan intensitas lebat sejak beberapa hari kemarin. Sementara, pihak instansi terkait belum ada yang dapat dikonfirmasi terkait genangan banjir yang melanda Perumahan Reni Jaya.

Terkait