Tol Bali Mandara Macet Total, Calon Penumpang Turun dari Mobil Jalan Kaki Tenteng Koper ke Ngurah Rai
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali/DOK Humas Bandara

Bagikan:

BADUNG - Viral video calon penumpang ramai-ramai turun dari mobil jalan kaki membawa koper menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Kondisi ini terjadi karena Tol Bali Mandara macet total

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kompol I Made Berata membenarkan peristiwa tersebut. Pihaknya menyatakan, sempat membantu sekitar 10 turis asing yang berjalan kaki menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, untuk mengejar keberangkatan pesawat.

"Iya ada kita lihat karena mungkin mepet waktunya mereka jalan dan kita bantu juga di sini ada 10 orang (turis)," kata Kompol Berata, Jumat, 29 Desember.

Ada juga turis domestik yang memilih jalan kaki ke Ngurah Rai mengejar keberangkatan pesawat.

"Domestik sama bule sama, mereka berangkat sore sama malam, lumayan banyak. Kalau domestik yang jalan kaki itu ada tiga orang, ada yang bawa koper ada yang bawa tas, tadi ketemu di gapura masuk bandara. Kita bonceng pakai sepeda motor, iya kebetulan ada ojek online juga kita setopin, ojeknya berkenan, mereka juga bayar ke (ojek online) dan dibantu mereka," imbuhnya.

Kepadatan kendaraan di Bandara I Gusti Ngurah Rai disebut terjadi sejak siang hari.

"Kalau padatnya tadi sekitar dari pukul 14.00 WITA. Kita sudah mengerahkan 75 personel gabungan sama TNI AU dan Avsec dari Bandara I Gusti Ngurah.Padat ini, karena kedatangan dan keberangkatan hari ini lumayan. Jadi ke arah bandara cukup padat dan sangat ramai sekali," ujarnya.

Namun, untuk saat ini kendaraan di dalam Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, sudah mulai bergerak karena sudah dilakukan pengaturan olah para petugas.

"Hingga saat ini masih mengalir. Karena keluar masuk kan kuncinya di dalam itu, kalau kendaraan sudah keluar otomatis di dalam bisa berputar. Saya juga berkoordinasi  dengan i Polsek Kuta yang dari lalu lintas kita tarik-tarik atau (atur) supaya kendaraan bisa keluar dan yang masuk (ke bandara ) juga bisa," ujarnya.

Sementara itu,Kabid Humas Polda Bali, Kombes Jansen Avitus Panjaitan mengatakan, arus lalu lintas kendaraan yang masuk ke Pulau Bali mengalami peningkatan menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan banyak wisatawan yang datang berlibur, khususnya dari luar Bali  yang datang dengan membawa kendaraan pribadi. 

"Terkait peningkatan arus kendaraan tersebut, Polda Bali telah memprediksi dan melakukan antisipasi dengan menyebar tim urai di titik-titik rawan macet. Masyarakat juga diminta bekerjasama dan pandai menganalisa situasi jalan serta tetap tertib dan mematuhi peraturan dalam berlalulintas," ujarnya.

Sementara, terkait kemacetan yang terjadi menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai,  Polda Bali tetap melakukan langkah-langkah dengan berusaha mengurai kemacetan dan melakukan pengaturan dan penebalan personil di titik-titik macet.

"Kerja sama dari pengguna jalan dan kendaraan bermotor juga sangat diharapkan. Juga cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi arus lalu lintas secara real time sehingga nantinya dapat memantau dan mengantisipasi mana jalur yang padat dan yang tidak padat," ujarnya.