Ketua KPU: Berkas Dokumen Prabowo-Gibran Lengkap 
Bacapres Prabowo Subianto dan wakilnya Gibran Rakabuming Raka di KPU (Foto: Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Hasyim Asy'ari menyatakan berkas dokumen bakal calon presiden Prabowo Subianto dan wakilnya Gibran Rakabuming Raka dinyatakan lengkap. 

"Pada kesempatan pendaftaran bakal paslon oleh gabunganp pimpinan parpol adalah menyampaikan dokumen syarat pencalonan dan syarat calon. Nah untuk kesempatan ini yang kami jadikan ukuran hanya satu, apakah dokumennya sudah lengkap atau belum. Berdasarkan informasi dari tim di kesekjenan KPU melalui silon, dokumen syarat calon dinyatakan lengkap," kata Hasyim usai menyambut pasangan bakal calon di Kantor KPU, Jakarta, Rabu, 25 Oktober.

Hasyim juga mengucapkan syukur karena rangkaian acara pendaftaran bakal calon Prabowo-Gibran berlangsung lancar dan tertib.

"Hari ini hari rabu adalah hari terakhir pendaftaran bakal capres cawapres dan kita tahu semua hari rabu hari keramat pemilu karena dari waktu ke waktu pencoblosannya itu hari rabu,"

"Selanjutnya bakal paslon akan dilakukan pemeriksaan keseahatan akan dilakukan besok hari Kamis, 26 Oktober jam 7.00 WIB pagi hadir di RSPAD Gatot Subroto. Rangkaian pemeriksaan sepenuhnya dilaksanakan oleh tim pemeriksaan RSPAD Gatot Subroto," terang Hasyim. 

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Prabowo-Gibran mendaftar di hari terakhir masa pendaftaran capres-cawapres.

Prabowo dan Gibran diantar para pimpinan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gelora, dan Partai Prima. Hadir juga jajaran Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju.

Ketua Umum Partai Golkar selaku perwakilan koalisi menyerahkan dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. Kemudian, Prabowo dan Gibran juga menyerahkan dokumen visi misi mereka.

"Kami mendaftarkan pasangan calon presiden dan wakil presiden atas nama yang sudah kita kenal semua yaitu Bapak Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Haji Prabowo Subianto sebagai calon presiden republik Indonesia yang berpasangan dengan Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden Republik Indonesia periode 2024-2029," ungkap Airlangga di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu, 25 Oktober.

Dalam kesempatan itu, Airlangga mengaku meyakini bahwa Prabowo dan Gibran merupakan pasangan yang tepat untuk melanjutkan kepemilpinan bangsa serta membawa kemajuan bagi Indonesia.

"Keduanya merupakan perpaduan yang saling melengkapi sebagai pemimpin berpengalaman, patrioitik, yang didampingi oleh pemimpin muda yang mendorong transformasi bangsa menuju indonesia yang lebih baik," tambahnya.

Sebelum mendaftar ke KPU, pasangan Prabowo dan Gibran berkumpul di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara. Selanjutnya, rombongan akan bertemu dengan relawan di Stadion Indonesia Arena, GBK, Senayan untuk mendeklarasikan pencalonan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Dari Stadion Indonesia Arena, Prabowo dan Gibran menaiki bus menuju Taman Suropati untuk berganti kendaraan menuji KPU. Keduanya menumpang kendaraan operasional satuan (ranops) TNI 4x4 WD terbaru produksi PT Pindad, Maung Tangguh.

Kendaraan ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 18 Januari 2023 lalu. Maung tersebut sudah dihias lengkap dengan janur kuning bak mobil calon pengantin. Selama iring-iringan menuju KPU, Prabowo dan Gibran menyapa para pendukung yang memenuhi ruas jalan depan Kantor KPU.