Apa Itu Bonus Demografi untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045, Berikut Sejumlah Dampak Positifnya bagi Negara
Ilustrasi apa itu bonus demografi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bonus demografi menjadi topik yang sering disampaikan oleh pemerintah dalam menatap masa depan Indonesia. Pembahasan bonus demografi juga terlontar dalam kampanye yang dilakukan para capres-cawapres ketika membeberkan program-program kerja yang akan dijalankan nantinya. Namun masih tidak sedikit masyarakat yang belum tahu apa itu bonus demografi.

Bisa dibilang bonus demografi adalah sebuah kelebihan atau privilege yang dimiliki Indonesia sebagai negara dengan populasi terbanyak ke-4 di dunia. Apabila dimanfaatkan dengan baik dan tepat, maka bonus demografi akan berdampak positif bagi kemajuan bangsa dalam berbagai sektor, mulai dari pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan lainnya. 

Pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan bonus demografi demi mewujudkan visi dan misi ‘Indonesia Emas 2045’. Lantas apa itu bonus demografi dan dampak positifnya?

Apa Itu Bonus Demografi?

Bonus demografi merupakan istilah yang merujuk pada keadaan persentase penduduk usia produktif (15-64 tahun) jauh lebih tinggi dibandingkan usia tua (65 tahun ke atas). Bonus demografi terbentuk dari penurunan laju kelahiran dan peningkatan harapan hidup, yang menghasilkan surplus tenaga kerja potensial untuk pertumbuhan ekonomi. 

Jadi bonus demografi merupakan gambaran di mana penduduk usia produktif dalam populasi yang lebih banyak atau mendominasi daripada usia tidak produktif. Bonus demografi dipandang sebagai harapan karena memberikan peluang bagi sebuah negara untuk bisa meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Dalam pemanfaatan bonus demografi, kontribusi dan peran generasi muda (usia produktif) diharapkan bisa membawa kemajuan bagi negara. Sebab pada usia tersebut, seseorang dalam potensi terbaiknya untuk melakukan aksi atau kontribusi dalam berbagai sektor kehidupan. 

Dampak Positif Bonus Demografi

Dengan dominasi kaum muda atau penduduk usia produktif, kelebihan ini dinilai memberikan peluang besar dalam berbagai sektor kehidupan ke depannya. Itulah mengapa pemerintah Indonesia sangat gencar mengajak masyarakat menyambut dan memanfaatkan bonus demografi. 

Berikut ini beberapa dampak positif bonus demografi yang perlu Anda tahu:

Meningkatnya Tenaga Kerja

Bonus demografi akan membawa peningkatan atau bertambahnya jumlah tenaga kerja. Orang-orang yang berada dalam usia produktif ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan maupun bisnis dalam mendapatkan kandidat atau pegawai yang kompeten. Mereka akan mengisi posisi penting dalam perusahaan serta berkontribusi dengan lebih baik sehingga berdampak baik bagi industri. 

Hal ini juga menjadi harapan atau peluang menjanjikan bagi para usia produktif untuk memperoleh pekerjaan yang lebih proper atau baik. Nantinya hal ini juga mendorong perekonomian jadi lebih maju, serta perkembangan berbagai sektor.

Pertumbuhan Ekonomi

Manfaat lain yang akan dihasilkan dari bonus demografi adalah peningkatan atau pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dominasi penduduk usia produktif akan menurunkan rasio ketergantungan, yang umumnya dapat menaikkan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. 

Penduduk usia produktif juga mampu mencukupi kehidupan sendiri secara individu maupun menopang orang-orang yang tidak lagi produktif. Dengan keadaan tersebut, perekonomian dan kesejahteraan turut membaik atau bahkan meningkat. Secara tidak langsung, pertumbuhan ekonomi juga membantu mempercepat pembangunan menuju negara maju.

Perkembangan pada Sektor atau Bidang Lainnya

Peluang atau dampak positif dari bonus demografi tidak hanya menguntungkan pada sektor ekonomi. Bonus demografi juga dapat mendorong perubahan dalam sejumlah bidang lainnya, seperti peningkatan sektor pendidikan. Sistem pendidikan bakal disiapkan dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan bonus demografi di masa depan. 

Bonus demografi Indonesia diprediksi bakal terjadi pada rentang tahun 2030 hingga 2040, sehingga menjadi harapan besar bagi anak-anak saat ini maupun generasi mendatang. Namun untuk bisa meraih peluang atau keuntungan dari bonus demografi, maka perlu persiapan yang optimal dari SDM maupun komponen-komponen lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan berita terbaru dan terupdate, baik nasional maupun internasional.