Tapin Kalsel Masuk Musim Hujan, BPBD Sebut Intensitas Karhutla Jadi Melandai
Petugas BPBD Kalsel berupaya memadamkan api karhutla di area ring satu Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalsel, Rabu 21 Juni 2023. (ANTARA-Bayu Pratama S).

Bagikan:

KALSEL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyampaikan musim hujan mulai memasuki wilayah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin Raniansyah menyebutkan intensitas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Tapin mulai melandai akibat masuknya musim hujan

"Karhutla turun, karena mulai memasuki musim hujan," ujar Raniansyah di Rantau, Tapin, Kalsel, Minggu 22 Oktober, disitat Antara.

Raniansyah mengungkapkan fase puncak karhutla menurun pada Oktober 2023 sering dengan intensitas hujan meningkat di Kabupaten Tapin.

"Beberapa hari terakhir terus terjadi hujan di Tapin. Memang di daerah Kalsel hujan hampir merata," kata Raniansyah.

Meski demikian, kata Raniansyah, petugas BPBD masih menemukan titik api yang menyebabkan karhutla pada beberapa wilayah di Kabupaten Tapin.

"Iya ini akibat ulah manusia, terlebih memasuki musim tanam," ungkapnya.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kata Raniansyah, cuaca panas dan hujan atau peralihan musim terjadi pada Oktober 2023.

BPBD Tapin mencatat penurunan drastis ini berdasarkan data karhutla pada September mencapai 63 titik, luas lahan terbakar 213 hektare. Sedangkan, pada Oktober ada 20 titik dengan luas lahan terdampak 71 hektare.

Sepanjang musim kemarau ini, BPBD Tapin menangani 127 titik pada 361 hektare di periode Juni-Oktober 2023.