Ganjar Canangkan Program Satu Desa, Satu Puskesmas
Ganjar Pranowo (Foto Tim Kampanye Ganjar)

Bagikan:

JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo berbicara mengenai ide dan gagasannya terkait sektor kesehatan. Ia bilang kesehatan adalah sebuah hal penting dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Untuk mewujudkan SDM yang unggul, kata Ganjar, diperlukan sebuah askses yang merata. Karena itulah Ganjar mencanangkan agar satu Desa harus memiliki satu Puskesmas.

Hal itu dikatakan Ganjar dalam acara diskusi Jaringan Indonesia (Jari) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 12 Oktober.

“Infrastrukturnya saya katakan bahwa kalo satu desa, ada satu puskesmas dan ada satu dokter. Maka nanti akan jadi terjadi perkembangan luar biasa di dunia kedokteran,” kata Ganjar.

Dikatakan Ganjar, untuk sekarang ini ketersediaan fasilitas kesehatan masih belum merata di Indonesia. Bahkan, proses pengurusannya masih terbilang sangat rumit.

Ganjar berujar hal inilah membuat masyarakat Indonesia akhirnya lebih memilih pergi ke luar negeri, untuk menjalani pengobatan karena tidak percaya akan fasilitas kesehatan yang ada di tanah air.

“Kita butuh kok, karena rumit maka kita tidak akan pernah percaya pada tenaga kita sendiri. Akhirnya apa? Mereka pergi ke Penang (Malaysia), mereka pergi ke Singapore,” tegas Ganjar.

“Tapi semua pada berangkat ke sana dan kita seolah-olah tidak percaya kepada bangsa sendiri, seolah-olah. Maka diam harus diperhatikan,” imbuh Ganjar.

Selain itu, Ganjar mengajak semua pihak mulai sekarang ini menjadikan kesehatan menjadi sebuah investasi. Caranya, kata dia, sangatlah mudah seperti rutin berolahraga hingga menjaga pola makan.

“Kesehatan itu investasi. Karena biasanya cara berpikir kita bicara di hilir, sakit diobati kita enggak bicara ke hulu. Maka antisipasi (melalui) olahraga biar sehat,” jelas Ganjar.