Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Karhutla Dekat Permukiman di OKI Sumsel
Anak - anak menyaksikan proses pemadaman karhutla di Pemulutan Ogan Ilir tepat di kawasan Jalan Lintas timur Palembang Indralaya. (Antara/M Imam Pramana)

Bagikan:

OGAN KOMERING ILIR - Puluhan personel gabungan Manggala Agni dan BPBD dibantu Polri serta TNI berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di dekat pemukiman warga Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan.

Kepala Manggala Agni Daops 14 Sumatera Banyuasin Mauludin mengatakan sebanyak 20 personel ditambah 10 personel dari BPBD dan petugas kepolisian serta TNI dikerahkan untuk memadamkan karhutla yang terjadi di Pemulutan Ogan Ilir tepat di kawasan Jalan Lintas timur Palembang Indralaya.

Karhutla yang terjadi itu cukup dekat dengan kawasan permukiman warga, namun beruntung api tidak terlalu besar sehingga petugas berhasil memadamkan api dengan mudah.

Meskipun api tidak terlalu besar, namun petugas sempat dibuat kewalahan karena api cukup dekat pemukiman warga, beruntung terdapat banyak kanal air di sekitar lokasi kebakaran sehingga tidak menyulitkan pengoperasian pemadaman.

"Alhamdulillah, kini api sudah padam, dengan dibantu satu unit helikopter pengebom air," kata Mauludin dikutip ANTARA, Senin, 9 Oktober.

Penyebab kebakaran tersebut diperkirakan karena oknum tak bertanggung jawab. Hingga kini luas lahan kebakaran masih belum bisa diperkirakan.

 Pantauan di lokasi kejadian proses pemadaman menjadi tontonan bagi masyarakat sekitar mulai anak-anak hingga orang dewasa. Mereka nampak antusias menyaksikan helikopter water bombing yang lalu lalang tanpa khawatir dengan karhutla tersebut.*