Asap Karhutla di Belitung, Jarang Pandang di Tanjung Pandan Terganggu
Satgas Karhutla Manggala Agni sedang berjibaku dikepungan asap untuk memadamkan karhutla di Desa Liang Anggang, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel, Rabu 2 Agustus 2023. (ANTARA-Tumpal A A)

Bagikan:

BELITUNG - Kota Tanjung Pandan di Kabupaten Belitung diliputi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung Agus Supriadi mengatakan, asap karhutla di Belitung dan daerah sekitarnya membuat Kota Tanjung Pandan berkabut sejak Kamis 5 Oktober pagi.

"Menjelang siang kabut berangsur berkurang dan jarak pandang juga berangsur normal meskipun masih tercium bau asap," katanya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis 5 Oktober, disitat Antara.

Dia mengimbau warga memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan untuk menghindari dampak buruk polusi udara terhadap kesehatan.

Agus juga menyampaikan Kabupaten Belitung menghadapi 65 kejadian karhutla sepanjang Agustus dan 114 kejadian karhutla selama September 2023.

Dia meminta warga mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dengan tidak melakukan pembakaran untuk membuka atau membersihkan lahan.