Singgung Politik Hanya untuk Kekuasaan, Megawati: Berbagai Cara Dilakukan
Megawati Soekarnoputri menyangkan adanya praktik politik yang hanya menginginkan kekuasaan. (VOI/Wardhany Tsa Tsia)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan politik saat ini hanya digunakan untuk menggang kekuatan demi kekuasaan semata.

Hal ini disampaikan Megawati saat menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP pada hari ini, Minggu, 1 Oktober 2023.

"Politik itu seringkali hanya dilihat sebagai penggalangan kekuatan untuk mendapatkan kekuasaan politik belaka. Berbagai cara pun dilakukan," kata Megawati ke kadernya di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Kalau kita melihat ada yang dengan menawar-nawarkan jabatan strategis tertentu, ada pula yang memberikan privilege kebijakan yang menguntungkan diri sendiri atau kelompoknya, ada yang menawarkan hal-hal yang sebenarnya tidak rasional namun dianggap wajar demi meraih kekuasaan," sambungnya.

Kepada kadernya, Megawati mengingatkan PDIP adalah partai ideologis. Sehingga, mereka harus mengabdi kepada negara caranya dengan turun ke masyarakat.

Dia juga minta jangan ada kadernya yang melanggengkan balas budi dengan anggapan ‘tidak ada makan siang yang gratis’. Sebab, ungkapan ini menimbulkan ketidakpercayaan.

"Sekiranya hal ini menjadi kultur, maka politik akan melahirkan distrust, distrust itu krisis kepercayaan. Nah ini bagaimana kita apakah juga mau menjadi sebuah organisasi politik yang demikian," pungkasnya.