Istana Kerajaan di Seoul Korea Selatan Dibuka untuk Umum Gratis Selama Liburan Chuseok
Gyeongbok Palace di Seoul, Korea Selatan. (Wikimedia Commons/Richard Mortel)

Bagikan:

JAKARTA - Istana-istana kerajaan di Seoul, Korea Selatan akan dibuka untuk umum secara gratis selama liburan Chuseok yang diperpanjang dari Hari Kamis pekan ini hingga Rabu pekan depan, menurut Otoritas Warisan Budaya (CHA).

"Empat istana dari Dinasti Joseon (1392-1910): Gyeongbok, Changdeok, Deoksu dan Changgyeong, akan dibuka selama periode enam hari," kata CHA, melansir The Korea Times 28 September

Makam-makam kerajaan dari dinasti tersebut, yang tersebar di sekitar Seoul dan kota-kota di sekitarnya, serta Kuil Jongmyo, tempat penyimpanan tablet-tablet leluhur kerajaan era Joseon, juga akan dibuka secara gratis selama hari libur tradisional tersebut.

Pengunjung Istana Gyeongbok dan Deoksu dapat menjelajahi bangunan-bangunan baru yang baru-baru ini dibuka untuk umum setelah restorasi ekstensif.

Gyejodang, bagian dari Istana Gyeongbok di mana para putra mahkota Joseon menghadiri urusan kenegaraan dan mengadakan perjamuan, dibuka untuk umum minggu lalu untuk pertama kalinya dalam 110 tahun setelah enam tahun pekerjaan restorasi.

Dibangun pada tahun 1443 pada masa pemerintahan Raja Sejong, Gyejodang yang asli dihancurkan sepenuhnya oleh pemerintah kolonial Jepang sekitar tahun 1910.

Dondeokjeon, sebuah bangunan bersejarah bergaya Barat di Istana Deoksu yang digunakan sebagai wisma kerajaan pada masa Kekaisaran Korea (1897-1910), kini dapat dikunjungi setelah enam tahun direstorasi ke bentuk aslinya.

Bangunan dua lantai yang diketahui pertama kali dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Gojong sekitar tahun 1901 ini, sebagian besar digunakan sebagai aula resepsi dan tempat untuk bertemu tamu asing. Bangunan ini juga merupakan tempat bersejarah di mana putranya, Kaisar Sunjong, naik takhta pada tahun 1907.

Diketahui, Chuseok atau juga Hangawi adalah salah satu hari raya terbesar di Negeri Ginseng, untuk mengucapkan syukur terima kasih atas panen yang berlimpah selama tiga hari. Ditentukan berdasarkan kalender bulan, tahun Chuseok jatuh pada 28-30 September. Untuk tahun ini, Pemerintah Korea Selatan memutuskan memperpanjang libur Chuseok dari 28 September hingga 3 Oktober.