Polda Sumsel Kembali Terjunkan 126 Personel untuk Berjibaku Atasi Karhutla
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. ( Antara)

Bagikan:

SUMSEL - Polda Sumatera Selatan (Sumsel) menambah ratusan personel untuk berjibaku dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kabupaten Ogan Ilir.

"Kami menambah sebanyak 126 personel untuk bertugas mengatasi karhutla setelah kami telah mengirimkan sebanyak 325 personel," kata Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Zulkarnain usai apel pagi pelepasan personel di Mapolda Sumsel, Selasa 19 September, disitat Antara.

Sebanyak ratusan personel tambahan tersebut akan bekerja selama sepekan. Zulkarnain bilang, hal ini jadi komitmen Polri dalam penanganan karhutla, khususnya di wilayah Sumsel.

"Kami melihat situasi, jika memungkinkan, maka dalam waktu sepekan karhutla bisa diatasi. Namun, apabila situasi di lapangan tidak memungkinkan, maka personel akan kembali ditambah," kata Zulkarnain.

Personil yang dikerahkan tersebut dibekali dengan alat memadai, mulai dari kendaraan taktis (rantis) AWC, mobil pemadam kebakaran, pompa air, hingga tangki air.

Personel yang diturunkan ke dua kabupaten rentan karhutla itu juga bertujuan untuk membantu masyarakat setempat dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan karhutla, baik lahan pertanian maupun perkebunan, di sekitar kawasan desa atau pemukiman masyarakat.

Zulkarnain berharap para personel Polda Sumsel dapat menjaga kondisi kesehatan sehingga mampu bekerja optimal dan karhutla bisa segera diatasi.

"Karhutla ini harus diakhiri agar kabut asap yang terjadi akibat karhutla bisa hilang dan potensi penyakit pernapasan yang ditimbulkan akibat kabut asap tak ada lagi," ujarnya.