PDAM Temanggung Salurkan Bantuan Air Bersih ke Daerah Kekeringan
Arsip Foto - Warga antre mengisi jeriken dengan air dalam penyaluran bantuan air bersih di daerah lereng Gunung Sumbing di Desa Dampit/DOK ANTARA

Bagikan:

TEMANGGUNG - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Agung Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah, menyalurkan bantuan air bersih kepada warga di daerah-daerah yang mengalami kekeringan dan kekurangan air.

"Kami membantu masyarakat yang benar-benar sudah mengalami kekeringan dan kesulitan untuk mendapatkan air bersih," kata Direktur Utama PDAM Tirta Agung Temanggung Rinto Adhi Utomo di Temanggung, Antara, Rabu, 6 September. 

Menurut dia, dalam beberapa pekan terakhir PDAM Tirta Agung mendistribusikan bantuan air bersih kepada warga di wilayah Kecamatan Pringsurat dan Kaloran.

Dengan menggunakan lima mobil tangki bantuan air bersih disalurkan kepada 160 keluarga di tujuh dusun di Desa Gowak, Kecamatan Pringsurat.

Selain itu, PDAM bersama Kepolisian Resor Temanggung menyalurkan bantuan air menggunakan tiga mobil tangki ke tandon air warga di Dusun Jagang, Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran.

"Bantuan air bersih di Dusun Jagang, Desa Kalimanggis, ini untuk kebutuhan sekitar 50 keluarga," kata Rinto.

Ia menyampaikan bahwa bantuan air bersih disalurkan kepada warga di daerah terdampak kekeringan yang telah mengajukan permintaan bantuan air ke PDAM.

Rinto menjelaskan pula bahwa selama musim kemarau debit air di sumber-sumber air PDAM Tirto Agung turun sekitar empat persen dan kondisi yang demikian mempengaruhi pasokan air ke pelanggan.