Gelar <i>Tactical Floor Game</i>, Polisi Susun Skema Keamanan di H-5 Porprov Bangka Belitung
Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah memimpin simulasi TFG terkait pengamanan pembukaan Porprov VI Babel di Sports Centre Sejiran Setason, Mentok. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

Bagikan:

BABEL - Kepolisian Resor (Polres) Bangka Barat (Babel) menyusun skema pengamanan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kepulauan Bangka Belitung (Babel) guna menjamin keamanan dan kelancaran acara tersebut.

"Hari ini kita mantapkan persiapan bersama seluruh petugas yang akan terlibat dalam pengamanan pembukaan kegiatan tersebut yang akan digelar pada 22 Agustus 2023 malam," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Jumat 18 Agustus, disitat Antara.

Ia mengatakan, persiapan sudah dilakukan secara maksimal bersama sejumlah instansi terkait lainnya, salah satunya dengan menggelar apel kesiapan di lokasi pembukaan kegiatan, yaitu di Sports Centre Sejiran Setason, Kecamatan Mentok.

Setelah apel siaga, pihaknya kemudian melakukan simulasi uji rencana operasi atau "tactical floor game" (TFG) skema pengamanan pembukaan Porprov VI Babel.

Secara umum jumlah personel serta sarana dan prasarana yang akan diturunkan dalam pengamanan tersebut sudah cukup memadahi dengan adanya tim gabungan dari TNI, Kodim, Kompi, Lanal, Dishub, Satpol PP, BPBD, Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan dan lainnya.

"Semua sudah disiapkan dan tadi kita juga sudah menggelar simulasi dengan baik, sudah kita cek kesiapan jumlah personel, sarana dan prasarana yang diturunkan," katanya.

Dalam uji rencana operasi, kata dia, ada beberapa masukan terkait kesiapan lokasi parkir dan masih ada jalan umum belum bermarka yang dikhawatirkan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

"Kendala ini akan kita atasi dengan cepat karena diperkirakan jumlah warga yang akan menyaksikan pembukaan porprov sangat banyak," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan menambah pintu stadion agar sirkulasi keluar-masuk lancar, nyaman dan aman.

"Ini juga untuk menghindari kemungkinan gangguan, penumpukan massa, kemacetan dan kepadatan lalu lintas," ujarnya.

Untuk pengamanan kegiatan pembukaan Porprov Babel 2023 di lingkungan Stadion Sejiran Setason, Polres Bangka Barat telah menyiapkan sebanyak 200 personel ditambah bantuan personel dari Brimob Polda Babel sebanyak 100 orang dan ratusan petugas tim gabungan.

Sedangkan untuk pengamanan seluruh rangkaian kegiatan Porprov, Polres Bangka Barat bersama tim gabungan telah menyiapkan petugas keamanan sebanyak 431 orang, dengan rincian Polres Bangka Barat 141 personel, dukungan Polda Babel 175 personel, Kodim 0431/Bangka Barat 30 orang, Satuan Polisi PP Bangka Barat 60 orang dan Dinas Perhubungan 25 petugas, mereka akan ditempatkan di berbagai lokasi pertandingan dan tempat menginap kontingen dari seluruh kabupaten/kota.