Polisi Dirikan Posko Tinggi Menjulang untuk Pantau Karhutla di Kapuas Hulu Kalbar
Posko terpadu penanganan karhutla didirikan Polres Kapuas Hulu di wilayah hukumnya di Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara, Kalbar. (Antara)

Bagikan:

KALBAR - Kepolisian Resor (Polres) Kapuas Hulu mendirikan posko terpadu penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya.

Posko itu dibangun di Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar).

"Posko terpadu itu dilengkapi peralatan dan sarana pemadam api, untuk mengantisipasi terjadinya karhutla," kata Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Putussibau Utara IPTU Jauhari, di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar, Senin 14 Agustus, disitat Antara.

Jauhari bilang, pendirian posko terpadu karhutla itu melibatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa dan kelompok masyarakat peduli api.

Nantinya mereka yang terlibat menyiapkan patroli bersama dalam mencegah dan mengantisipasi terjadinya karhutla di daerah tersebut.

Menurutnya, dengan adanya posko terpadu akan memperkuat sinergi lintas sektoral dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Dia menjelaskan, selain melakukan patroli gabungan, pihaknya juga memberikan edukasi dan sosialisasi langsung di tengah masyarakat untuk mengajak masyarakat bersama-sama mencegah karhutla.

"Kami terapkan sistem piket untuk tim gabungan siaga dan lakukan patroli bersama," katanya.

Jauhari pun berharap masyarakat di wilayah tersebut menumbuhkan kesadaran untuk bersama-sama melakukan pencegahan karhutla.

Sebab menurut dia, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla merupakan tanggungjawab semua pihak.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, jika pun melakukan pembakaran secara tradisional mesti melaporkan ke pihak desa dan petugas, agar api tidak menjalar kemana-mana, sebab itu semua ada ketentuannya.