HUT ke-78 RI, 103 Penderita Gangguan Mata di OKU Timur Dapat Operasi Katarak Gratis
Ketua Tim Penggerak PKK OKU Timur Sheila Noberta menjenguk penderita katarak yang telah menjalani operasi di OKU Timur, Sumatera Selatan, Senin (14/8/2023). (ANTARA)

Bagikan:

MARTAPURA - Sebanyak 103 orang penderita katarak mendapat pelayanan operasi gratis dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Provinsi Sumatra Selatan.

Dalam rangkaian kegiatan untuk menyambut perayaan hari ulang tahun ke-78 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten OKU Timur menyelenggarakan pelayanan operasi katarak gratis untuk membantu warga kurang mampu yang membutuhkan pelayanan operasi katarak.

"Dalam rangka menyemarakkan HUT RI tahun ini kami ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat kurang mampu yang ada di OKU Timur, khususnya dalam penanganan medis," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Timur Sheila Noberta, dikutip ANTARA, Senin 14 Agustus.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur Yakub mengatakan bahwa dinas menurunkan tim medis yang meliputi dokter-dokter ahli dalam pelaksanaan pelayanan operasi katarak gratis.

"Sebelum dioperasi para pasien terlebih dahulu sudah menjalani skrining guna memastikan tidak ada kendala saat operasi berlangsung," katanya.

Selain mengadakan pelayanan operasi katarak gratis, Pemerintah Kabupaten OKU Timur akan menyelenggarakan pelayanan operasi bibir sumbing gratis bekerja sama dengan mitra.