Cara Cek Nomor Registasi Keamanan Produk BPOM, Manual hingga Online
Ilustrasi pengecekan keamanan produk BPOM (ANTARA/Penina F Mayaut)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa setiap produk kosmetik, obat, atau makanan dan minuman yang beredar secara legal memiliki izin edar yang berupa nomor registrasi? Nomor tersebut diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Artinya, masyarakat atau konsumen dapat melakukan pengecekan keamanan produk lewat nomor dari BPOM. Lalu, bagaimana cara cek nomor registrasi keamanan produk BPOM?

Cara Cek Nomor Registasi Keamanan Produk BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah lembaga pemerintah yang tugasnya adalah untuk mengawasi peredaran produk konsumsi seperti obat, kosmetik, hingga makanan dan miniman. BPOM wajib memastikan keamanan produk sebelum beredar di pasar dan dikonsumsi masyarakat.

Ada tiga cara melakukan pengecekan registrasi keamanan produk yang didasarkan pada pengawasan BPOM yakni sebagai berikut.

  1. Secara Manual

Pengecekan keamanan produk BPOM bisa dilakukan secara manual. Cara pengecekan adalah dengan memperhatikan kaidah Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa). Kaidah tersebut jadi salah satu tips mengecek keamanan produk konsumsi bernomor registrasi BPOM. Penjabaran kaidan Cek KLIK adalah sebagai berikut.

Kaidah Cek: konsumen diharapkan melakukan pengecekan secara detil terhadap produk dengan memperhatikan beberapa hal yakni;

  • K: Kemasan, perhatikan apakah kemasan dalam keadaan baik dan segel tidak rusak;
  • L: Label yang ada pada kemasan harus jelas, informasi produk wajib bisa dibaca secara detil;
  • I: Izin, apakah produk punya izin edar yang sah atau tidak;
  • K: Kedaluwarsa, yang berupa tanggal expired produk atau masa waktu produk tertentu bisa digunakan.
  1. Via Website BPOM

Cek nomor registrasi keamanan produk bisa dilakukan secara oline yakni melalui situs resmi BPOM dengan langkah berikut ini.

  • Kunjungi situs https://cekbpom.pom.go.id/ lewat gawai atau laptop yang tersambung internet;
  • Pilih menu ‘Produk’ lalu pilih kategori pengecekan, Anda bisa mengecek dengan cara memasukkan nomor registrasi, nama produk, dan data lain;
  • Setelah itu ketik kata kunci produk sesuai dengan kategori yang sudah dipilih;
  • Klik “Cari”.

Jika produk legal dan terdaftar maka akan muncul informasi yang dibutuhkan mulai dari nomor registrasi, detail lain dari produk, bahkan pendaftar produk serta tempat produk diproduksi. Sebaliknya, jika tak muncul maka konsumen diharapkan berhati-hati dengan produk tersebut.

  1. Aplikasi BPOM

Selain website, pengecekan nomor keamanan produk BPOM bisa dilakukan lewat aplikasi Cek BPOM yang bisa diunduh lewat playstore. Adapun cara pengecekan adalah sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi Cek BPOM lalu instal di ponsel;
  • Setelah itu buka aplikasi lalu pilih opsi pencarian;
  • Pilih kategori pencarian sesuai keinginan, mulai dari nomor registrasi, nama produk/nama dagang, dan sebagainya;
  • Setelah itu klik “Cari”.

Nanti akan muncul informasi lengkap tentang produk yang dicari mulai dari nomor registrasi, detail produk, sampai pendaftar produk bahkan tempat produksi.

Itulah informasi terkait cara cek nomor registasi keamanan produk BPOM. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.