Angin Kencang Terjang Permukiman Warga di Pesisir Batu Belubang Bangka Tengah
Rumah warga Desa Batu Belubang, Bangka Tengah yang rusak usai diterjang angin kencang, Jumat (14/7) sore. (ANTARA/Ahmadi)

Bagikan:

BANGKA TENGAH - Angin kencang menerjang sejumlah rumah warga pesisir di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Tengah Yudi Sabara mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan sejumlah rumah penduduk yang rusak diterjang angin kencang.

"Data sementara kami ada puluhan rumah yang rusak, empat di antaranya mengalami rusak berat," ujarnya dilansir ANTARA, Jumat, 14 Juli.

Camat Pangkalanbaru Roy Haris mengatakan angin kencang tersebut tidak hanya menerjang rumah warga tetapi juga menumbangkan beberapa pohon pelindung di pinggir jalan.

Rata-rata rumah yang terkena terjang angin kencang itu berada di pinggir pantai.

“Angin ini menerjang rumah warga sekitar pukul 14.30 WIB, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut kecuali kerusakan rumah warga," ujarnya.

Pihaknya sudah melaporkan kejadian angin kencang itu kepada Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa Bangka Tengah (Dinsos PMD).

"Untuk saat ini bantuan sudah disalurkan pihak desa berupa matras dan makanan, sedangkan bantuan berupa terpal dan lainnya akan dilakukan besok oleh Dinsos dan BPBD Bangka Tengah," ujarnya seraya mengingatkan warga yang tinggal di kawasan pesisir pantai agar waspada.