Beasiswa Cendekia Baznas 2023 Ditutup 12 Juli 2023, Cek Syarat dan Cara Pendaftarannya
Ilustrasi Baznas (baznas.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin menempuh pendidikan dengan jalan beasiswa. Pasalnya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah membuka Beasiswa Cendekia Baznas 2023.

Artikel ini akan memberikan informasi tentang beasiswa pendidikan terbaru dari Baznas mulai dari jadwal, syarat, hingga cara mendaftarnya.

Beasiswa Cendekia Baznas 2023

Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) adalah beasiswa yang berupa dana pendidikan untuk mahasiswa yang tengah belajar di kampus mintra Baznas. Beasiswa ini diberikan untuk para peserta mahasiswa untuk tingkat Diploma-IV (D4) dan sarjana (S1). Sebagai informasi, Baznas sendiri bermitra dengan 111 perguruan tinggi di Indonesia.

Adapun bentuk beasiswa yang diberikan oleh Baznas adalah pembiayaan pendidikan selama 4 semester, yakni mulai dari semester 5 hingga semester 8 atau bisa juga hingga mahasiswa lulus kuliah jika berhasil menyelesaikan masa studi sebelum semester 8.

Dikutip dari situs Baznas, ada dua bentuk beasiswa yang akan diberikan Baznas kepada peserta yakni berupa uang kuliah tungal (UKT) sampai Rp3 juta per semester dan pengembangan diri dari Bazarnas kepada peserta dengan mendatangkan mentor kampus dan tokoh skala nasional.

Mengutip selebaran Panduan Pendaftaran Beasiswa Cendekia BAZNAS Dalam Negeri Tahun 2023, syarat Beasiswa Cendekia Baznas 2023 adalah sebagai berikut.

  1. Berstatus sebagai mahasiswa S1/D4 semester 5 program reguler di kampus yang telah menjadi mitra BAZNAS;
  2. Memenuhi satu dari beberapa kategori beasiswa yakni sebagai berikut.
  3. Jurusan prioritas: Komputer, profesi (kedokteran, psikologi, keperawatan, farmasi), Teknik, Akuntansi, Statistika, Manajemen Zakat dan Wakaf, Komunikasi, Ekonomi, dan Pendidikan.
  4. Kategori Prestasi: peserta memiliki prestasi nasioanal dan/atau internasional (lebih direkomendasikan yang telah tercatat di Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud)
  5. Kategori Wirausaha: Memiliki usaha pribadi yang sudah berjalan minimal 6 bulan
  6. Kategori Aktivis: Aktif menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan minimal tingkat jurusan atau organisasi kepemudaan/masyarakat.
  7. IPK minimal 3,00 (skala 4,00)
  8. Melengkapi berkas yakni Pas foto terbaru/berwarna, KTP dan Kartu Keluarga, Transkrip nilai IPK terakhir, surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau atau surat rekomendasi dari BAZNAS Kabupaten/Kota (pilih salah satu saja), surat pernyataan, mengumpulkan esai dengan tema “Kontribusiku menjadi generasi zakat”.

Cara mendaftar Beasiswa Cendekia Baznas 2023 cukup mudah, calon peserta diwajibkan untuk mengunduh lalu melengkapi formulir pendaftaran sesuai dengan format berkas persyaratan yang telah diunduh. Berkas bisa diunduh di alamat bit.ly/panduanbcbdn2023. Setelah itu berkas yang telah diisi dikumpulkan di layanan beasiswa di masing-masing perguruan tinggi.

Jadwal pendaftaran Beasiswa Cendekia Baznas 2023  dimulai pada tanggal 3 hingga 12 Juli 2023 di masing-masing kampus. Setelah itu masa seleksi administrasi akan dimulai pada 12-21 Juli 2023. Peserta yang lolos akan mengikuti seleksi wawancara yang digelar mulai tanggal 24-31 Juli 2023. Baznas juga menyediakan masa sanggah yakni mulai 1-30 Agustus 2023. Sedangkan pengumuman peserta yang lolos dan mendapatkan beasiswa Baznas adalah tanggal 31 Austus 2023.

Itulah informasi tentang Beasiswa Cendekia Baznas 2023. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.