Sembelih 22 Hewan Kurban, Ribuan Napi Dipastikan Makan Daging Selama 3 Hari ke Depan
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Salemba Jakarta Pusat sembelih 14 ekor sapi dan 8 ekor kambing/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Salemba Jakarta Pusat menyembelih hewan kurban sebanyak 14 ekor sapi dan 8 ekor kambing pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1444H di lapangan olahraga Rutan Salemba, Kamis, 29 Juni, siang. Total hewan kurban yang disembelih di Rutan Salemba sebanyak 22 hewan kurban.

Proses penyembelihan hewan kurban ini dilakukan oleh penjagal profesional yang dibantu oleh 25 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana.

Dari pantauan VOI, satu persatu hewan sapi dilakukan proses penyembelihan di dekat tiang besi yang ada di lapangan olahraga. Sementara beberapa WBP lainnya antusias membuat lubang galian tanah untuk menguburkan kotoran hewan kurban yang telah disembelih.

Tepatnya sekitar pukul 11.00 WIB, Rutan Salemba telah menyelesaikan proses penyembelihan 4 ekor sapi. Sementara hewan kurban sapi dan kambing lainnya terus menunggu giliran proses penyembelihan hingga 3 hari kedepan.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hal Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Ibnu Chuldun menjelaskan, setelah pelaksanaan solat Idul Adha dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

"Total jumlah hewan kurban yang diterima di lapas dan rutan di Jakarta, jumlah total adalah 58 ekor sapi dan 95 ekor kambing. Hewan kurban ini berasal yayasan. Dua ekor hewan jenis sapi diantaranya dari bapak Menteri Kemenkumham untuk WBP di Salemba dan Cipinang. Kemudian dari kantor wilayah, lapas rutan dan bahkan ada dari warga binaannya itu sendiri," kata Ibnu kepada wartawan, Kamis, 29 Juni.

Penyerahan hewan kurban yang berasal dari WBP, sambung Ibnu, karena para WBP merasa tersentuh dengan segala pembinaan yang diberikan kepada mereka.

"Ini dilakukan, mungkin dia merasa pembinaan yang diberikan di lapas rutan itu bisa menyentuhnya sehingga dengan keikhlasannya berkurban hewan. Kita doakan semoga kegiatan ibadah ini, pelaksanaan pemotongan hewan kurban dan pendistribusiannya akan baik dan lancar sesuai yang kita harapkan," ujarnya.

Sementara Kepala Rumah Tahanan Kelas 1 Salemba Jakarta Pusat, Fauzi Harahap mengatakan, proses pendistribusian daging hewan kurban, nantinya akan diberikan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Salemba, yayasan yatim piatu dan masyarakat sekitar Rutan Salemba.

"Warga binaan kita dengan total 3209 selama tiga hari akan makan daging hewan kurban. Kita akan masak gulai, SOP, rendang dan kare. Para warga binaan akan makan daging pada pagi dan sore hari selama 3 hari kedepan," katanya.