Ribuan Jemaah Padati Kampus Unismuh Makassar untuk Salat Iduladha 1444 H
Ribuan jemaah memadati pelataran Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar (foto: dok. antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Ribuan jemaah memadati pelataran Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar untuk mengikuti salat Idul Adha, 1444 H/2023 M, Rabu, 28 Juni.

Khutbah Idul Adha disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel yang juga Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse.

Prof Ambo Asse dalam khutbahnya menyampaikan pesan tentang pentingnya kurban sebagai ibadah sunnah muakkad (dikuatkan), yang sangat dianjurkan bagi umat Islam yang mampu melakukannya.

Ia mengingatkan, hewan yang disembelih sebagai kurban, seperti sapi, kambing, atau domba, tidak dapat digantikan dengan bentuk ibadah lainnya, meskipun dengan nilai yang lebih tinggi. Kurban memiliki makna mendalam dan nilai spiritual yang kuat bagi umat Islam.

Prof Ambo Asse juga mengutip hadis Rasulullah SAW yang menyatakan kepada putrinya, Fatimah RA, bahwa hadir dan menyaksikan kurban akan memberikan pengampunan atas dosa yang dilakukan pada saat permulaan tetesan darah hewan kurban. Khutbah tersebut mengingatkan jamaah tentang pentingnya kesadaran akan penebusan dosa melalui ibadah kurban.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Ambo Asse juga menekankan hikmah dari ibadah kurban. Ibadah kurban merupakan pengingat sejarah Idul Adha yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS dan merupakan bentuk kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT dalam menyambut hari raya Idul Adha.

Selain itu, ibadah kurban juga mengajarkan umat Islam untuk mengingat Allah SWT dalam setiap aspek kehidupan dan memperkuat ikatan mereka dengan Sang Pencipta.

Setelah salat Idul Adha selesai, jemaah bersama-sama melanjutkan acara dengan pemotongan hewan kurban.

Jumlah hewan kurban tahun ini di Unismuh Makassar mencapai 16 ekor sapi dan lima ekor kambing. Salah satu sapi berasal dari Bank Syariah Indonesia (BSI). Hewan kurban tersebut akan disembelih dan dagingnya akan dibagikan kepada para staf, karyawan, dan masyarakat sekitar kampus.

“Kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M kepada seluruh umat Islam yang merayakannya. Semoga ibadah kurban yang dilaksanakan di pelataran Kampus Unismuh Makassar ini menjadi amal yang diterima oleh Allah SWT dan membawa berkah serta kebahagiaan bagi semua umat Islam,” ujar Ambo Asse sebelum menutup khutbahnya.