Apa Itu TPHI? Ini Penjelasan dan Tugasnya
Ilustrasi TPHI Bandung (bandungbarat.kemenag.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Jemaah Haji Indonesia tentu tidak asing dengan istilah TPHI. Keberadaan TPHI jadi hal yang cukup penting karena membantu umat muslim melaksanakan ibadah dengan baik selama berhaji. Lalu , apa itu TPHI?

Apa Itu TPHI?

Secara umum TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) adalah panitia penyelenggaraan haji yang dibentuk oleh Pemerintah untuk membantu jemaah haji asal Indonesia selama menunaikan ibadah haji. TPHI kerap pula disebut dengan ketua kloter atau rombongan haji.

Pengertian TPHI juga dijelaskan dalam Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Pedoman Tata Cara Pengangkatan dan Pelaksanaan Tugas Tim Pemandu Haji Daerah dan Tim Kesehatan Haji Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dikatakan bahwa TPJI adalah petugas yang menyertai jemaah haji dalam kelompok terbang dan memiliki tugas untuk memberi pelayanan umum untuk jemaah haji serta bertanggung jawab sebagai ketua kelompok terbang.

Calon jemaah haji biasanya dibagi menjadi kloter atau kelompok terbang. Setiap kloter terdiri dari 385 hingga 455 orang calon jemaah haji, termasuk petugas. Sedangkan petugas kloter yang mendampingi calon jemaah haji terdiri dari 1 orang TPHI, 1 orang TPIHI, 1 orang TKHI, dan 2 orang petugas paramedis.

Secara umum petugas kloter bertanggung jawab seluruh jemaah haji dalam satu kloter. Mereka juga bertugas untuk melayani urusan di berbagai keperluan administrasi dan manajerial. Dalam melaksanakan tugasnya, TPHI akan dibantu oleh pihak lain.

Dikutip Dari Buku Modul I Bahan Ajar Pelatihan Petugas Haji Tahun 1444 H/2023 M, tugas TPHI dilakukan sejak sebelum keberangkatan. Adapun rentang kerja TPHI adalah sebagai berikut.

  • Di Daerah Asal
  1. Masa pembinaan haji di daerah
  2. Masa pemberangkatan ke asrama embarkasi
  • Di Asrama Embarkasi
  1. Saat tiba di embarkasi
  2. Selama di asrama embarkasi
  3. Persiapan keberangkatan
  • Di Pesawat
  1. Sebelum pesawat tinggal landas
  2. Selama dalam penerbangan
  3. Menjelang pesawat mendarat
  4. Setelah pesawat mendarat
  • Di Bandara King Abdul Azis

Selain terkait apa itu TPHI, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.