Kudus Gelar Pilkades Besok, Polisi Terjunkan 301 Personel Keamanan
Pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kudus serentak saat apel di Polres Kudus, Jawa Tengah, Senin (12/6/2023). ANTARA/HO-Polres Kudus

Bagikan:

JATENG - Polres Kudus menyiagakan sebanyak 301 personel gabungan untuk pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kudus serentak.

"Ratusan personel gabungan itu disebar untuk pengamanan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS), sekaligus untuk antisipasi kemungkinan terjadinya kerawanan kerusuhan dalam pelaksanaan pilkades serentak di tiga desa," kata Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto saat apel pergeseran pasukan pengamanan Pilkades Serentak 2023 di Polres Kudus, Senin 12 Juni, disitat Antara.

Polres Kudus juga dibantu BKO Brimob Polda Jateng guna memastikan pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan aman.

Ia meminta semua personel gabungan dalam pengamanan pilkades serentak untuk mengedepankan pelayanan yang humanis terhadap masyarakat serta bersikap netral.

Selain itu, kata dia, semua petugas pengamanan juga harus melaksanakan tugas dengan semangat, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab serta tetap memperhatikan standar operasional dan prosedur dalam setiap tindakan di TPS.

"Anggota harus mengamati beberapa potensi yang akan terjadi, seperti gesekan antartim sukses dari masing-masing calon kepala desa," ujarnya.

Adapun tiga desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada besok Selasa, 13 Juni 2023. Adapun tiga desa itu yakni Desa Golantepus, Desa Getasrabi, dan Desa Janggalan.

Dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan warga dalam menggunakan hak pilihnya tanpa adanya intimidasi dan intervensi dari pihak mana pun, Polres Kudus juga membentuk satgas tindak khusus untuk memantau dan mengantisipasi adanya botoh perjudian dalam pilkades serentak nanti.

"Jika ditemukan adanya perjudian, akan kami tindak dengan tegas. Mudah-mudahan berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif," tandasnya.