Jelang Iduladha 1444 H Harga Komoditas Naik, Pemkot Batam Gelar Pasar Murah
Pemkot Batam melakukan operasi pasar murah (ANTARA)

Bagikan:

BATAM - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau menggelar operasi pasar murah menjelang Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah sebagai upaya menekan harga kebutuhan pokok yang saat ini sudah naik.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau mengatakan adapun beberapa komoditas yang menjadi prioritas dalam operasi pasar murah yaitu telur ayam ras, daging ayam segar dan daging ayam beku.

"Kami rencana akan melaksanakan operasi pasar terutama untuk telur, daging ayam potong hidup, daging ayam beku karena itu yang ada kenaikan harga," kata Gustian dikutip ANTARA, Kamis 8 Juni.

Menurutnya kenaikan harga daging ayam segar disebabkan oleh harga pakan ayam yang juga naik.

"Karena ini telur yang paling dominan sama dengan daging ayam potong karena selama ini ada kenaikan di sisi pakan," kata Gustian.

Ia menyampaikan operasi pasar murah akan dilaksanakan di 6 kecamatan di Kota Batam dimulai pada tanggal 13 - 24 Juni 2023.

"Lokasinya di Kecamatan Bengkong, Sekupang, Sagulung, Batu Ampar, Sungai Beduk dan Batu Aji. Enam tempat yang selama ini ada kendala-kendala tertentu di beberapa komoditi itu saja," ujar dia.

Kata Gustian, dalam operasi pasar murah tidak ada pembatasan pembelian untuk masyarakat.

"Karena untuk mengatakan inflasi kita tidak boleh membatasi untuk penjualan dari masyarakat," ujar dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, terus meningkatkan koordinasi dengan daerah penghasil komoditas pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid di Batam, Rabu, mengatakan pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera dan Jawa dalam upaya memenuhi kebutuhan bahan pangan.

"Kami sudah melakukan kerja sama dengan banyak daerah, ada di Jawa kemudian Sumatera. Jadi kami terus membangun komunikasi dengan daerah penghasil. Kalau di Sumatera, kami kerja sama dengan Sumatera Barat dan Utara," kata Jefridin.