Siap Sambut KTT ASEAN di Jakarta, Satpol PP DKI Bentuk Unit Reaksi Cepat Motor
Puluhan personel Satpol PP Jakarta Selatan melaksanakan kegiatan apel di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jakarta, Minggu (21/5/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Bagikan:

JAKARTA - Satpol PP DKI siap menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang digelar 5-7 September mendatang.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan kesiapan itu dengan membentuk tim keamanan khusus.

"Kami membentuk unit reaksi cepat (URC) motor dan mengecek kesiapan kendaraan operasional Satpol PP Jakarta Selatan," katanya di Jakarta, Minggu 21 Mei, disitat Antara.

Arifin menyebutkan, pihaknya juga memastikan kesiapan sarana dan prasarana pendukung agar persiapan semakin maksimal.

Terlebih, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan ketentraman dan ketertiban umum sehingga para anggota Satpol PP juga diminta untuk bekerja secara profesional dan terukur.

"Sebagai penegak peraturan, anggota Satpol PP harus bersikap humanis, namun tegas saat menjalankan tugasnya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Nanto Dwi Subekti menambahkan, telah dibentuk tim URC motor yang terdiri dari 60 personel khusus.

“Tim URC motor kita fokuskan patroli di sejumlah titik pada tiap kecamatan, kita juga dirikan posko penjagaan,” ujar Nanto.

Nanto menuturkan kehadiran tim URC motor ini mampu merespon cepat gangguan maupun pelanggaran ketertiban umum lebih dini yang dimulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB setiap harinya.

Selain itu, tim URC Ini juga berjaga di posko penjagaan pada beberapa titik, menyesuaikan lokasi patroli yakni zona satu mulai dari Taman Budaya Dukuh atas sampai lampu merah Patung Pemuda.

Posko penjagaan itu diperkuat personel Satpol PP Kecamatan Kebayoran Baru dan Setiabudi untuk menambah pengamanan di wilayah tersebut.

Lalu, posko penjagaan zona dua yakni dari Semanggi-Gatot Subroto-MT Haryono hingga wilayah perbatasan Jakarta Timur yang diperkuat personel Satpol PP Kecamatan Tebet, Mampang dan Pancoran.

Kemudian, tenda posko penjagaan lainnya yang juga dilengkapi meja, kursi dan perlengkapan di sejumlah perempatan lampu merah hingga jalur lintasan delegasi KTT Asean di Jakarta Selatan.

"Tidak hanya di zona kawasan unggulan, tapi juga kita dirikan di seluruh wilayah kecamatan,” tandasnya.