HUT Dekranas ke-43 di Medan, Dorong Perajin Berjaya Melalui Pelatihan Wirausaha Baru
Iriana Jokowi memotong tumpeng di HUT Dekranas ke43 di Medan. (IST)

Bagikan:

MEDAN - Ibu Negara Iriana Jokowi sekaligus Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menghadiri puncak perayaan HUT ke-43 Dekranas di Kota Medan, Sumatra Utara. Acara puncak tersebut diisi dengan upacara syukuran di Hotel Santika Premiere Dyandra dan pameran berbagai produk unggulan daerah yang dibawa oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) seluruh Indonesia di Lapangan Benteng, Medan.

Acara ini merupakan puncak dari berbagai rangkaian kegiatan HUT Dekranas, yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 3 Maret. Rangkaian kegiatan yang telah dihelat Dekranas seperti pemotongan tumpeng di kantor Dekranas Rumah Kriya Asri, pelatihan dan workshop bagi para perajin, hingga bakti sosial dan bazar murah bagi masyarakat di sekitar Rumah Kriya Asri.

Perjanalan Panjang

Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma’ruf Amin pada sambutannya menyampaikan rasa syukur dan harapan bagi Dekranas.

“Usia 43 tahun merupakan perjalanan panjang yang telah dilalui Dekranas dalam mengangkat potensi kerajinan nasional. Telah banyak upaya Dekranas untuk mewujudkan visinya sebagai lembaga yang handal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia sejak berdirinya dahulu pada 3 Maret 1980,” jelas Wury.

HUT ke-43 Dekranas mengangkat tema “Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya!” yang menyelipkan semangat bagi para perajin di Indonesia. Memasuki usia ke-43 tahun, Dekranas hadir bersama Dekranasda sebagai wadah yang terus memberikan dukungan dengan menciptakan ekosistem wirausaha yang kreatif untuk perajin Indonesia yang berjaya. Dekranas terus berdedikasi dalam menghimpun pecinta dan peminat seni tanah air untuk senantiasa memayungi dan mengembangkan produk kerajinan.

“Kita hendaknya terus bersyukur Dekranas sudah memasuki usia yang ke-43. Harapan kita semua di usia yang semakin bertambah, Dekranas semakin produktif, semakin besar peran dan pengabdian untuk para perajin, masyarakat maupun bangsa dan negara Indonesia,” tambah Wury.

Dekranas turut memberikan apresiasi kepada Dekranasda Provinsi Sumatera Utara dan Dekranasda Kota Medan, yang telah bersedia menjadi tuan rumah pada peringatan HUT ke-43 Dekranas. Pada syukuran ini, hasil kerajinan Nusantara dan pagelaran seni budaya ditampilkan lewat karya bertajuk “Getaran Karya Rasa”.

“Prosesi peringatan Hari Ulang Tahun Dekranas ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ibu Negara. Setelah itu dilanjutkan dengan pertunjukan Getaran Karya Rasa sebagai nafas perajin Indonesia, yang dicerminkan dalam sebuah karya seni yang didukung kurang lebih 120 seniman,“ jelas Ketua Panitia Peringatan HUT Dekranas ke-43, Endang Budi Karya, saat menyampaikan laporan kegiatan.

Endang juga menyampaikan bahwa acara akan dilanjutkan dengan peresmian Pelatihan Wirausaha Baru Dekranas tahun 2023. Diketahui bahwa pelatihan yang berlangsung, berada di bawah pimpinan Wakil Ketua Harian 2 Dekranas, Franka Makarim. Iriana Jokowi meninjau langsung Pelatihan Tenun dan Kriya yang berada di Lapangan Benteng, Kota Medan.

Terpilihnya Kota Medan selaku tuan rumah penyelenggaraan Acara Puncak HUT ke-43 Dekranas, turut disambut antusias oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

“Kegiatan ini menunjukkan Kota Medan hari ini menjadi salah satu motor penggerak, daerah yang menjadi perhatian dari Dekranas, dari nasional, untuk melihat para pengrajin Kota Medan untuk tumbuh dan berkembang untuk Indonesia ke depan,” ucap Bobby.

Turut menghadiri acara puncak ini yakni Ketua Harian Dekranas Ibu Tri Tito Karnavian, Ketua Panitia Peringatan HUT Dekranas ke-43 Ibu Endang Budi Karya, para Pengurus Dekranas, dan sekitar 1500 peserta yang terdiri dari Ketua Dekranasda dan Pengurus Dekranasda seluruh Indonesia, instansi terkait sebagai pembina, para UKM kerajinan serta undangan lainnya.