Sebelum Konsolidasi dengan PDIP Jatim, Ganjar Pranowo Lari Pagi Bareng Istri
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Capres Ganjar Pranowo memulai kunjungannya di Surabaya dengan berolahraga lari pagi. Ganjar dan istrinya, Siti Atikoh, berlari menyusuri kawasan Jalan Mayjend Sungkono, pasar kampung, dan Lapangan THOR di daerah Jalan Padmosusastro.

Dalam balutan kaus putih dan running tights serta celana pendek berwarna hitam, Ganjar terlihat modis saat berolahraga di suasana Sabtu pagi yang sejuk.

Ganjar mengenakan kaus yang pada bagian belakangnya bertuliskan “Satyam Eva Jayate, bahasa Sansekerta yang memiliki arti "hanya kebenaran yang berjaya".

“Olahraga selalu bikin sehat. Justru kalau tidak olahraga, badan bisa capek semua. Ayo arek-arek Suroboyo yang rajin olahraga. Asyik lari pagi di Surabaya. Lingkungannya asri, bikin segar, bikin sehat,” ujar Ganjar.

Ganjar memang hobi berolahraga. Sering berlari dan bersepeda bersama istrinya. Bahkan keduanya sering mengikuti ajang lari, termasuk lari 10 kilometer. Ganjar pernah melahap rute 10 kilometer dalam waktu 1 jam 30 menit.

Di tengah perjalanannya, Ganjar diserbu oleh warga Surabaya di sekitar kawasan yang dilewatinya. Warga meminta berfoto bersama dan memuji penampilan Ganjar yang tampak lebih tampan secara langsung dibanding dalam foto.

"Aku padamu, Pak Ganjar," teriak ibu-ibu.

Selain berolahraga, Ganjar juga memberikan tips agar tidak cepat lelah saat berlari. Menurutnya, saat ingin berlari 10 kilometer, kita harus mampu menghitung interval jarak. Berlari santai di 3 kilometer pertama, lalu meningkatkan pace pada 3 kilometer berikutnya dan terus dinaikkan bertahap.

Di fase akhir baru dipercepat sampai garis finish. Tips ini bisa membantu menghemat stamina sampai akhir agar energi tidak habis di awal atau tengah.