Membludak, H-7 Lebaran Jumlah Penumpang di Pelabuhan Bakauheni Naik 173 Persen
Ratusan penumpang pejalan kaki memadati gateway di dermaga tiga pelabuhan Bakauheni. (ANTARA)

Bagikan:

LAMPUNG - General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengatakan bahwa jumlah penumpang pejalan kaki yang melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023, dengan menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Bakauheni naik 173 persen pada H-7 dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama.

"Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2023, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, jumlah penumpang pejalan kaki pada 15 April 2023 sampai dengan Minggu 16 April tercatat sebanyak 1.734 orang.

Sementara itu, jumlah penumpang pejalan kaki pada periode yang sama Lebaran tahun lalu tercatat sebanyak 635 orang," kata dia di Lampung Selatan, Minggu.

Selanjutnya, tidak hanya penumpang pejalan kaki yang mengalami kenaikan, penumpang di dalam kendaraan pun naik tujuh persen.

"Jumlah penumpang di dalam kendaraan yang menggunakan jasa penyeberangan ASDP cabang Bakauheni pada tahun 2023 sebanyak 36.874 orang ,sedangkan pada tahun 2022 sebanyak 34.440 orang," katanya.

Ia menambahkan kenaikan jumlah penumpang juga terjadi pada kendaraan roda dua.

"Menurut data selama 24 jam, jumlah kendaraan roda dua pada hari ini sebanyak 411 unit, sedangkan pada tahun 2023 sebanyak 263 unit," katanya.

Ia mengatakan jumlah trip kapal yang beroperasi dalam angkutan mudik Lebaran 2023 mengalami kenaikan sekitar 32 persen.

"Di tahun 2022 sebanyak 77 trip, sedangkan tahun 2023 sebanyak 102 trip kapal yang beroperasi," ujarnya.

Sebelumnya berdasarkan pemantauan pada Minggu pagi, menunjukkan bahwa terdapat ribuan penumpang pejalan kaki memadati dermaga reguler Pelabuhan Bakauheni.

Ribuan pemudik pejalan kaki di dermaga Pelabuhan Bakauheni menunggu antrean untuk masuk naik ke atas kapal.

Meski terjadi antrean penumpang di jembatan pelabuhan, tidak menimbulkan antrean cukup lama dan terlihat berjalan lancar dan aman.

Rudi Sunarko mengatakan bahwa jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Banten mulai mengalami peningkatan pada mudik Lebaran 2023.

"Menurut data, jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak Banten meningkat dari hari kemarin," kata dia.

Pihaknya mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket ferizy dari jauh hari.

"Jadi, kami mengimbau untuk calon pemudik dari pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya, yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," ujar Rudi Sunarko.