Menkes Minta Balita 16 Bulan Obesitas di Bekasi Dirawat: Harus Di-cover BPJS
Anak obesitas di Bekasi (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyoroti kondisi seorang balita berumur 16 bulan di Bekasi yang mengalami obesitas dengan berat badan 27 kilogram. Budi menekankan bahwa balita tersebut harus mendapat penanganan.

"Di Bekasi, kalau kelebihan harus dirawat. (Kondisi obesitas) itu pasti ada sesuatu," kata Budi saat ditemui di Cempaka Putih, Rabu, 22 Februari.

Budi mengaku dirinya akan langsung menemui Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi untuk menginstruksikan agar anak tersebut mendapat perawatan di rumah sakit. Yang jelas, kata Budi, anak obesitas itu berhak dirawat menggunakan BPJS.

"Nanti saya akan telepon, saya minta tolong diperhatikan. BPJS harusnya udah di-cover. Kalau tidak (menjadi peserta BPJS), nanti kita bantu," sebut dia.

Baru-baru ini, kondisi Kenzi, anak usia 16 bulan yang tinggal di bekasi menjadi perhatian publik. Banyak yang mengkhawatirkan kondisi kesehatan Kenzie karena berat badannya yang tak wajar, yakni mencapai 27 kilogram.

Sementara, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut berat badan ideal bayi usia sampai 12 bulan antara 7,5 - 12,4 kilogram pada jenis kelamin laki-laki dan 6,8 - 12,0 kilogram untuk perempuan.

Petugas mengetahui kondisi obesitas Kenzi setelah orangtua balita itu mendatangi Posyandu Setyamulya di Desa Pusaka Rakyat pada Desember 2022 lalu.

Berdasarkan keterangan keluarga, Kenzi telah diberi asupan susu kental manis sejak usianya 12 bulan karena orang tua tak mampu memberikan susu formula padanya.

Kini, Kenzi belum bisa berjalan. Ia hanya bisa berdiri selama beberapa detik, lalu harus duduk kembali. Kenzi juga belum bisa berbicara seperti anak seusianya.