Kebakaran Hebat Terjadi di Pasar Batangase, Maros Sumsel, 17 Kendaraan Pemadam Dikerahkan
Petugas tengah memadamkan api saat Kebakaran di Pasar Batangase di Kecamatan Mandai, Minggu (19/2/2023). (ANTARA)

Bagikan:

MAROS - Kebakaran hebat terjadi di Pasar Batangase, Kecamatan Maros, Sumatera Selatan (Sumsel) Minggu, 19 Februari sore. Api berasa dari toko perabotan rumah tangga berbahan plastik.

Toko pecah belah di kawasan Pasar Batangase, Maros, menjadi pemicu kebakaran yang terjadi sejak sekitar pukul 16.30 dan hingga saat ini api belum dapat dipadamkan.

"Kejadian awal bermula di toko pecah belah yang banyak menjual aneka perabotan plastik," kata salah seorang pedagang di Pasar Batangase, Nurlia dikutip ANTARA, Minggu 19 Februari.

Akibat kejadian tersebut sebagian besar pedagang yang masih berjualan segera menyelamatkan barang toko mereka sebelum api merambat ke seluruh bagian pasar.

Untuk memadamkan api yang terus menyebar melalap kios dari ujung ke ujung dan naik ke lantai dua, sebanyak 9 unit mobil padam kebakaran dari Kasatpol PP dan Damkar Maros dan 8 unit mobil damkar bantuan dari Damkar Makassar, ditambah mobil Damkar dari Angkasa Pura I.

"Kami terus melakukan pemadaman ini yang dilakukan sejak sore hingga jelang Isya, namun api masih menyala, meskipun sempat terbantu dengan guyuran air hujan," kata Kasatpol PP dan Damkar Maros Jufri.

Aksi pemadaman api yang melalap Pasar Batangase, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros ini tidak menelan korban jiwa, namun salah seorang petugas Damkar yang bertugas sejak sore hingga malam hari mengalami kelelahan dan akhirnya harus dibawa ke rumah sakit terdekat.  

Akibat kebakaran yang melanda Pasar Batangase arus lalu lintas mengalami kemacetan dan antrian panjang dari arah Kota Makassar mulai dari Simpang Lima Bandara menuju Kabupaten Maros, sebaliknya dari arah Kabupaten Maros menuju Makassar juga mengalami kemacetan.

Hingga berita ini diturunkan asap hitam mengepul ke langit dan masih ada api yang belum dapat dipadamkan di sejumlah kios Pasar Batangase.