Warga 52 Rumah Terendam Banjir di Baturaja OKU Mulai Bersih-bersih dari Lumpur
Ilustrasi hujan deras disertai petir menyebabkan genangan air berpotensi banjir. (Unsplash)

Bagikan:

OKU - Warga puluhan rumah di Kota Baturaja yang terendam banjir kini mulai membersihkan rumah dari lumpur.

Curah hujan tinggi yang terjadi pada Kamis 16 Februari sore hingga malam hari menyebabkan daerah di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) itu, terendam banjir.

"Tim BPBD dan relawan saat ini masih di lapangan untuk membantu warga membersihkan material sisa banjir," kata Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Gunalfi, Jumat 17 Februari, disitat Antara.

Ganafi mengatakan BPBD OKU telah menurunkan tim dan alat berat ke lokasi terdampak banjir.

Sebelumnya, sebanyak 52 rumah warga Kota Baturaja terendam banjir dengan ketinggian air antara 30-60 centimeter.

"Banjir tadi malam mengepung sebagian wilayah Kota Baturaja dengan daerah terdampak meliputi Kelurahan Baturaja Permai, Sekarjaya dan Desa Air Paoh, Kecamatan Baturaja Timur," katanya.

Meskipun tidak ada korban jiwa, katanya, akibat bencana alam tersebut aktivitas masyarakat sempat terganggu karena sejumlah jalan umum terendam air.

Untuk mengantisipasi bencana susulan, Ganafi mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten OKU meningkatkan kewaspadaan supaya banjir tidak menimbulkan korban jiwa.

"Pusdalops BPBD OKU melakukan pemantauan terhadap cuaca 1x24 jam dari BMKG untuk diteruskan peringatan dini kepada masyarakat agar lebih waspada guna mengantisipasi korban jiwa akibat bencana alam," tandasnya.