Ribuan Warga Saksikan Atraksi Barongsai di Kelenteng Pangkalpinang
Ribuan warga memadati Kelenteng Kwan Tie Miau Kota Pangkalpinang untuk menyaksikan atraksi barongsai pada malam Tahun Baru Imlek, Sabtu (21/1/2023) malam. ANTARA/Aprionis

Bagikan:

PANGKALPINANG - Ribuan warga menyaksikan atraksi barongsai di Kelenteng Kwan Tie Miau Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung saat perayaan malam Tahun Baru Imlek 2023.

Di Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang, sekitar 5.000 lebih warga memadati kelenteng untuk menyaksikan atraksi barongsai yang merupakan tradisi warga keturunan Tionghoa di daerah itu dalam merayakan Imlek dan perayaan hari besar lainnya dalam keagamaan Konghucu.

Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang merupakan kelenteng tertua di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berlokasi tidak jauh dari pusat perbelanjaan modern di ibukota provinsi itu, dipadati masyarakat sehingga kondisi lalu lintas di kawasan tersebut macet.

Terlihat aparatur kepolisian dan petugas parkir mengatur lalulintas di kawasan Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang yang didirikan pada 1797.

Salah seorang pengurus Kelenteng Kwan Tie Miaw Pangkalpinang A Pao mengatakan pada Imlek tahun ini, Kelenteng Kwan Tie Miau menggelar atraksi barongsai sebagai bentuk syukur dan hiburan bagi masyarakat.

"Imlek dalam dua tahun sebelumnya, kami tidak mengadakan barongsai karena kasus COVID-19 yang tinggi," ujarnya dilansir ANTARA, Sabtu, 21 Januari.

Dia memperkirakan pengunjung Kelenteng Kwan Tie Miaw Pangkalpinang pada pergelaran barongsai Imlek tahun ini mencapai 5.000 lebih orang dan diperkirakan akan terus bertambah hingga tengah malam.

"Semoga tahun ini, kita semua diberikan keberuntungan, berlimpah rezeki dan kesehatan," katanya.