Pengunjung Mulai Padati Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang
Umat Konghucu melaksanakan sembahyang Imlek 2023 di Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang, Sabtu sore. ANTARA (Aprionis)

Bagikan:

PANGKALPINANG - Pengunjung mulai memadati Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk melaksanakan sembahyang Imlek 2023.

Kelenteng Kwan Tie Miau merupakan kelenteng tertua di Kepulauan Bangka Belitung. Para pengunjung dari luar daerah maupun warga lokal sudah mulai berdatangan untuk melaksanakan sembahyang Imlek.

Para pengunjung dengan tertib silih berganti sembahyang Imlek mendoakan arwah leluhur, orang tua, sanak keluarga yang telah meninggal. Terlihat para pengunjung dengan khusuk memanjatkan doa arwah leluhur dan keberkahan kepada dewa-dewa di dalam Klenteng Kwan Tie Miaw yang didirikan pada 1797.

Terlihat aparat kepolisian dari Polresta Pangkalpinang berjaga-jaga di kawasan kelenteng untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan yang akan mengganggu pelaksanaan sembahyang Imlek.

Kabag Ops Polresta Pangkalpinang Kompol Toni Susanto mengatakan Polresta Pangkalpinang mengerahkan 114 personel untuk menjaga kondusifitas selama Hari Raya Imlek.

"Hingga saat ini pelaksanaan sembahyang Imlek berjalan aman, tertib dan khusuk," katanya dilansir ANTARA, Sabtu, 21 Januari.

Dia mengimbau masyarakat khususnya warga beragama Konghucu tidak melakukan perayaan Imlek yang berlebihan, guna menciptakan situasi kondusif.

"Selama ini kerukunan umat beragama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Kota Pangkalpinang terjaga dengan baik, namun demikian diimbau masyarakat untuk selalu waspada dan tidak melakukan tindakan yang mengganggu kamtibmas," katanya