10 Tradisi Tahun Baru di Berbagai Negara, Dari yang Unik hingga Ekstrem
Ilustrasi tradisi tahun baru di berbagai negara (Unsplash/Jamie Fenn)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tahun baru selalu identik dengan perayaan, mulai dari acara yang modern hingga tradisional. Biasanya momen pergantian tahun dinikmati dengan kumpul bersama, pergi liburan, hingga pertunjukkan musik. Tradisi tahun baru di berbagai negara berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri. 

Perayaan tahun baru menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat dari berbagai penjuru dunia. Saat pergantian tahun, orang-orang menikmati waktu untuk meninggalkan masa lalu atau refleksi diri. Berbarengan dengan itu, setiap orang siap menanti petualangan dan rencana-rencana baru di tahun selanjutnya. 

Jika anda suka traveling, maka menikmati tradisi unik tahun baru di negara lain perlu anda coba. Anda bisa menikmati budaya pergantian tahun yang tidak ditemukan di Indonesia. Bagaimana negara-negara lain merayakan momen tahun baru?

Tradisi Tahun Baru di Berbagai Negara

Merayakan tahun baru di luar negeri menyuguhkan pengalaman tersendiri. Anda akan merasakan berbagai budaya unik yang berbeda dengan di dalam negeri. Berikut tradisi unik tahun baru di berbagai negara.

Membunyikan Lonceng 108 Kali (Jepang)

Jepang memiliki tradisi unik membunyikan lonceng saat pergantian tahun. Tidak sekadar menabung lonceng hingga berbunyi, namun lonceng dibunyikan sebanyak 108 kali. Bunyi tersebut miliki arti 108 pikiran kotor. 

Tradisi ini disebut dengan nama Joya no Kane. Upacara pembunyian lonceng bertujuan untuk mengusir petakan atau kejahatan dan dosa manusia. Tradisi ini dilakukan di kuli Buddha yang memiliki lonceng berukuran besar. 

Festival Songkran (Thailand)

Festival songkran dilakukan oleh masyarakat Thailand setiap tahun baru. Tradisi ini dilakukan dengan menyiram atau menyemprot air kepada siapapun yang ditemui di jalan. Perayaan tahun baru di negara gajah putih ini memiliki keunikan sendiri, karena tahun baru diadakan setiap April.

Membakar Orang-orangan Sawah (Ekuador)

Masyarakat Ekuador melakukan tradisi membakar orang-orangan sawah setiap tahun baru. Perayaan ini dilakukan pada malam hari, sehingga menyajikan pemandangan api yang menakjubkan. 

Tidak hanya membakar orang-orangan sawah. Masyarakat di sana juga akan membakar foto-foto di tahun lalu. Cara ini diyakini dapat mendatangkan keberuntungan di tahun yang baru. 

Menginap di Kuburan (Cile)

Ada tradisi tahun baru yang sangat unik di Negara Cile. Masyarakat di sana merayakan tahun baru dengan cara menginap di kuburan. Budaya ini memiliki makna agar keluarga yang masih hidup dapat bermalam bersama keluarga yang sudah meninggal. Pemerintah setempat telah mendukung tradisi yang unik sekaligus bikin merinding ini. 

Memakan 12 Buah Anggur (Spanyol)

Orang-orang di Spanyol punya budaya makan 12 buah anggur untuk merayakan tahun baru. Tradisi bernama Las doce uvas de la buena suerte dilakukan pada 12 detik sebelum jam 12 malam. Budaya ini diyakini bisa memberikan keuntungan atau kemakmuran di tahun depan. 

Melempar Bunga Putih ke Lautan (Brasil)

Masyarakat Brasil punya tradisi melemparkan bunga-bunga berwarna putih ke lautan setiap tahun baru. Tradisi ini dilakukan pada hari pertama di tahun yang baru. Budaya ini meiliki makna sebagai bentuk penghormatan kepada dewi lautan. Masyarakat percaya dengan melempar bunga berarti mengirimkan permohonan dan harapan supaya menjadi kenyataan.

Menabur Garam di Depan Pintu (Turki)

Perayaan tahun baru di Turki dilakukan dengan tradisi menabur garam di depan pintu. Tradisi ini dilakukan setelah lonceng pergantian tahun berbunyi. Masyarakat setempat percaya bahwa tabur garam bisa membawa keberuntungan dan kelimpahan terhadap keluarga di rumah. 

Celana Dalam Warna Merah Muda (Argentina)

Masyarakat Argentina merayakan tahun baru dengan melakukan tradisi unik, yaitu memakan celana dalam warna merah muda. Tradisi ini dipercaya bisa mendatangkan jodoh. Selain itu, orang-orang di sana juga merayakan tahun baru dengan makan kancang hijau sebagai simbol pembawa keberuntungan dalam pekerjaan. 

Melompat ke Danau Beku (Siberia)

Perayaan tahun baru tidak selalu identik dengan acara-acara menyenangkan dan membahagiakan. Masyarakat Siberia merayakan tahun baru dengan cara yang cukup ekstem, yaitu melompat ke danau beku. Namun tradisi ini hanya dilakukan oleh penyelam profesional dan bukan masyarakat biasa. 

Melempar Piring ke Tembok (Denmark)

Tradisi unik perayaan tahun baru juga dilakukan oleh masyarakat Denmark. Orang-orang di sana merayakan tahun baru dengan melempar piring ke tembok. Piring yang digunakan adalah piring yang sudah dipakai sepanjang tahun. 

Orang Denmark akan melempar piring mereka ke depan pintu saudara atau teman terdekat. Tradisi ini dilakukan pada malam tahun baru. Tradisi ini menyiratkan jumlah banyaknya teman yang anda miliki sepanjang tahun ini. 

Itulah sejumlah tradisi tahun baru di berbagai negara yang unik dan tidak ditemukan di Indonesia. Setiap tradisi memiliki makna atau artinya tersendiri yang identik dengan harapan, masa lalu, dan perencanaan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.