BMKG Minta Warga Pesisir DKI Jakarta, Aceh dan Jateng Waspada Banjir Rob 23-24 Desember
Banjir rob setinggi 2 meter lebih menerjang kawasan pesisir Semarang pada Mei 2022. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat di pesisir Aceh, utara DKI Jakarta, Jawa Tengah (Jateng) dan sejumlah wilayah Indonesia mewaspadai potensi banjir rob saat fenomena bulan baru dan perigee terjadi.

"Adanya fenomena bulan baru pada 23 Desember 2022 dan perigee pada 24 Desember 2022, berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo saat dimintai keterangan, Rabu 21 Desember.

Berdasarkan pantauan data tinggi muka air dan prediksi pasang surut, Eko menjelaskan, selain wilayah yang telah disebutkan banjir rob juga berpeluang terjadi di pesisir Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Kepulauan Riau, Bangka Belitung dan Banten.

Selanjutnya, berdasarkan laporan Antara, peluang banjir rob juga melanda Daerah pesisir Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, utara Papua, dan Papua Selatan.

"Potensi banjir rob ini berbeda waktu hari dan jam di tiap wilayah," kata Eko.

Dia mengatakan, secara umum banjir rob akan berdampak pada kegiatan masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, kegiatan warga di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan informasi cuaca maritim dari BMKG," tandasnya.