Pemkab Bungo Jambi Cek Harga Pangan di Distributor jelang Natal 2022
Pemerintah Kabupaten Bungo melakukan pengecekan harga pangan pokok disejumlah distributor. (ANTARA/HO/IST)

Bagikan:

JAMBI - Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 TPID Kabupaten Bungo, Jambi memastikan ketersediaan pangan pangan pokok di sejumlah gudang distributor di daerah itu.

"Pemkab Bungo telah memastikan itu dimana kami sudah mengecek ke gudang distributor di Bungo, terutama mengecek kestabilan harga pangan pokok," kata Bupati Kabupaten Bungo Mashuri di Bungo, Jambi, Antara, Minggu, 18 Desember. 

Dia menerangkan pengecekan pasokan bahan pangan ke distributor ini merupakan kegiatan rutin yang di laksanakan oleh pemerintah Kabupaten Bungo bersama tim. Baik itu menyambut bulan suci Ramadan maupun menyambut hari Natal dan Tahun Baru.

TPID Bungo telah mengecek setidaknya empat gudang distributor diantaranya memastikan pula ketersediaan pangan dari Bulog.

"Tadi sudah kita cek empat gudang, tadi kita lihat stok-stok untuk persiapan hari raya natal dan tahun baru, kami merasa cukup ketersediaan sembako," katanya menerangkan.

Dari pantauan TPID Bungo, terdapat beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga untuk saat ini. Kenaikan harga itu terjadi pada telur, cabai merah, dan cabai rawit

Meski mengalami kenaikan, dia memastikan bahwa kenaikan harga tersebut tidak terjadi secara signifikan. Sementara itu, untuk harga daging saat ini masih terpantau stabil.

Pemerintah Kabupaten Bungo juga mengimbau kepada pedagang dan distributor bahan pangan di daerah itu agar tetap menjaga harga sehingga jangan sampai ada yang nakal menaikkan harga di luar ketentuan.

"Sehingga kami berharap harga tetap stabil,” katanya menerangkan.

Bupati menambahkan, memang ada beberapa komoditas yang merangkak naik terutama beras, telur ayam, cabai merah, dan cabai rawit, dan ayam potong.

"Ini perlu kita antisipasi kita akan melakukan operasi pasar terutama untuk beras, telur, daging ayam kemudian cabai merah dan cabai rawit kami akan lakukan operasi pasar sehingga memang bisa kita kendalikan harganya," katanya.

Dalam rangka menyambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Pemkab Bungo juga telah melakukan persiapan dari sisi pengamanan.

Bersama Forkopimda, Pemkab Bungo memastikan persiapan pos-pos penjagaan di tempat-tempat rumah ibadah dan juga di tempat-tempat keramaian, memastikan keamanan ketertiban di lingkungan khususnya di Kabupaten Bungo supaya berjalan dengan aman, damai, lancar dan tertib, serta memastikan ketersediaan bahan pokok pangan masyarakat tersedia di Kabupaten Bungo.