Jasad Lansia 89 Tahun yang Tenggelam di Sungai Lusi Grobogan Ditemukan di Kudus
Evakuasi jasad Kardi (89) yang ditemukan hanyut hingga Kudus. ANTARA/HO-BPBD Grobogan.

Bagikan:

JATENG - Seorang lanjut usia atau lansia yang tenggelam di Sungai Lusi Grobogan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Jasad korban bernama bernama Kardi (89) itu ditemukan di Sungai Wulan Kudus.

"Setelah dilakukan pencarian akhirnya ditemukan hanyut hingga ke Sungai Wulan Kabupaten Kudus pada Senin (14 November), pukul 22.30 WIB," kata Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan, Masrikan, di Grobogan, Jawa Tengah, Selasa 15 November

Ia mengungkapkan, kronologis kejadian berawal pada Minggu 13 November pukul 07.00 WIB, Kardi yang merupakan warga Desa Menawan, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, pamit berangkat ke sawah yang terletak di seberang Sungai Lusi.

Akan tetapi, hingga pukul 19.00 WIB, Kardi belum juga pulang. Keluarga kemudian berusaha mencari tapi tidak ditemukan akhirnya menyampaikan ke perangkat desa karena diduga korban hanyut.

Sekitar pukul 21.00 WIB, laporan kehilangan Kardi masuk ke Polsek serta BPBD Grobogan. Setelah mendapatkan laporan, tim BPBD Grobogan menuju lokasi diduga tenggelamnya korban.

Menurut informasi warga, korban sudah melepaskan pakaian yang dipakai dengan membawa ember besar kemudian renang di sungai.

Kemudian, pencairan dilakukan pada Senin 14 November oleh tim SAR gabungan, dilakukan penyisiran dengan tiga perahu karet dari lokasi korban yang diduga tenggelam sampai pintu Bendung Wilalung Demak dengan radius kurang lebih 15 kilometer.

Hingga Senin 14 November pukul 17.00 WIB, pencarian yang masih nihil dihentikan sementara karena faktor cuaca.

Petugas SAR gabungan berkumpul di posko hingga pukul 22.30 WIB mendapat laporan dari pencari ikan di sungai yang menyatakan ditemukan jasad di Sungai Wulan.

Tim BPBD Grobogan bersama keluarga korban berangkat menuju lokasi ditemukanya jasad. Setelah dipastikan benar jasad itu Kardi, evakuasi pun dilakukan.

Setelah dilakukan otopsi yang dilakukan oleh petugas dari Polsek dan tim kesehatan Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, korban dibawa menggunakan mobil ambulans dari PMI Grobogan ke RSUD Purwodadi untuk dilakukan pemulasaraan.