Persiapan Kirab HUT ke-77 RI, Pemprov DKI Tutup Kawasan Monas 16 Agustus
DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan menutup kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk umum pada Selasa, 16 Agustus. Penutupan Monas ini dilakukan untuk persiapan jelang kirab bendera Pusaka pada 17 Agustus.

Kepala Unit Pengelola Teknis Monas Muhammad Isa Sanuri menuturkan, penutupan kawasan Monas dilakukan selama satu hari. Saat Hari Kemerdekaan, Monas sudah dibuka kembali.

"Tanggal 16 Agustus 2022 kawasan dan tugu Monumen Nasional akan ditutup untuk umum demi kelancaran kegiatan kirab bendera yang berlangsung di Istana Negara, dan akan dibuka kembali pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 08.00 WIB," kata Isa saat dihubungi, Senin, 15 Agustus.

Pada 17 Agustus, masyarakat diperkenankan mengunjungi Monas untuk melihat prosesi kirab bendera. Hanya saja, kunjungan tersebut diperbolehkan di kawasan. Sementara, tugu Monas tetap ditutup.

"Hari Rabu pas HUT RI pukul 08.00 baru kita buka untuk umum karena umum diberikan kesempatan untuk melihat kirab bendera," kata Isa.

Sebagaimana diketahui, pada perayaan HUT ke-77 RI, Pemprov DKI akan menggelar upacara di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas) pukul 07.00 WIB. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan bertugas sebagai inspektur upacara.

Selanjutnya, Istana Kepresidenan akan menggelar kirab atau arak-arakan gendera Pusaka dari Monas menuju Istana Merdeka mulai pukul 08.00 WIB.

Kirab bendera Pusaka merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan yang rutin dilaksanakan. Namun, selama dua tahun terakhir, kegiatan ini dihentikan sementara akibat pandemi COVID-19.