Menkes: Vaksinasi Penguat Dapat Cegah Kematian pada Lansia
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

PONTIANAK - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan para lanjut usia (lansia) di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat untuk segera mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis penguat (booster). Booster disebut mampu mengurangi risiko kesakitan dan kematian hingga 20 persen.

"Kalau pun yang sudah vaksinasi penguat masih kena COVID-19, tidak akan sampai terkena risiko dirawat di rumah sakit atau sampai meninggal. Untuk itu saya imbau agar bapak ibu lansia segera mendapatkan vaksinasi booster," kata Budi Gunadi Sadikin saat menghadiri Gebyar Vaksinasi COVID-19 Lansia Bahagia di Kabupaten Kubu Raya dilansir ANTARA, Selasa, 9 Agustus.

Menkes mengatakan yang belum mendapatkan vaksinasi penguat, risikonya akan 20 kali lebih besar untuk masuk rumah sakit sampai meninggal.

"Jadi dalam kesempatan ini saya cuma mengingatkan dua hal, segera vaksinasi dan jangan lupa selalu menggunakan masker," tuturnya.

Menkes menambahkan lansia sangat rentan terpapar COVID-19.  Data menunjukkan bahwa 60 persen pasien COVID-19 yang meninggal adalah lansia.

"Jadi saat bapak ibu arisan keluarga, jangan lupa untuk saling mengingatkan, jaga prokes dan segera vaksin. Saya sangat senang melihat bapak ibu lansia di Kubu Raya yang hadir di sini semuanya sehat, semoga kita selalu mendapatkan kesehatan," katanya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengaku bahagia, karena kegiatan Gebyar Vaksinasi Lansia yang di laksanakan di daerah itu dihadiri oleh Menkes.

"Saat pencanangan vaksinasi COVID-19 tahun lalu, pak menteri juga datang ke sini dan saat ini beliau hadir kembali. Mudah-mudahan ini bisa membuat masyarakat semakin semangat untuk mengikuti vaksinasi COVID-19," kata Muda.

Selain kegiatan Gebyar Vaksinasi COVID-19 Lansia Bahagia, bupati juga menggelar berbagai kegiatan, di antaranya pantun dan pembacaan puisi lansia, kemudian lomba senam sehat lansia dan beberapa agenda lainnya.

"Kita juga menyiapkan hadiah bagi 200 pendaftar pertama dan banyak doorprize lainnya untuk peserta vaksinasi lansia. Ini menunjukkan keseriusan kita untuk melindungi para lansia dari ancaman COVID-19 yang masih mengintai kita," kata Muda.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan mengatakan sampai 8 Agustus 2022, sudah 79 persen lansia di Kubu Raya yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan 33 persen dosis kedua.

"Semoga capaian vaksinasi kita untuk lansia dan usia lainnya bisa segera terpenuhi. Kami imbau masyarakat Kubu Raya segera mendapatkan vaksinasi COVID-19," kata Marijan.